Analisis Pengaruh Core Brand Characteristics melalui Core Brand Loyalty, In-Store Characteristics, dan Economic Drivers terhadap Customers’ Store Loyalty pada Perusahaan UD. Sinar Mas di Banjarmasin
Abstract
Toko ritel memiliki pasar yang sangat kompetitif. Saat ini, pelanggan mencari nilai tambah yang
didapatkan dari toko, dalam menentukan mereka untuk menjadi pelanggan yang loyal. Sebagai toko ritel furnitur,
Toko Sinar Mas perlu selalu berusaha tentang bagaimana untuk terus meningkatkan kualitas layanan, dengan
berupaya meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan terhadap toko. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisa pengaruh dari in-store characteristics (convenience,
employees, merchandising, service quality), economic drivers (switching costs, promotions, pricing policies), dan core
brand loyalty terhadap customers’ store loyalty pada Toko Sinar Mas di Banjarmasin. Adapun core brand loyalty
dipengaruhi oleh core brand characteristics yang terdiri dari core brand image, core brand trust, core brand quality, dan
core brand price.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis Structural Equation Model (SEM) dan software AMOS 22.0. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner kepada 205 responden, dengan karakteristik bahwa responden adalah pelanggan
dari Toko Sinar Mas Banjarmasin berusia 18-60 tahun, membeli produk core brand - Olympic lebih dari dua kali
dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, menggunakan produk core brand - Olympic dan mengetahui karakteristik yang
dimiliki core brand.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa terdapat dua variabel yang paling
berpengaruh terhadap customers’ store loyalty yaitu core brand loyalty dengan koefisien regresi sebesar 0.858 dan core
brand price dengan koefisien regresi sebesar 0.854. Sehingga Toko Sinar Mas perlu meningkatkan pengaruh variabel
tersebut, untuk meningkatkan customers’ store loyalty.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Knowledge, Brand Relationship, Behavioral Intention, Brand Advertisement, dan Brand Experience pada Repurchase Intention Teh Tong Tji di Mall Surabaya
Damsuki, Ayu Abarani; Rachmawati, Veronica; Dananjaya, Yanuar (Pelita Harapan University, Surabaya, 2014-12-01)Teh Tong Tji merupakan salah satu perusahaan yang sedang sangat berkembang dengan baik dalam bidang minuman, sehingga memiliki banyak kompetitor. Dengan semakin banyaknya kompetitor yang ada, akan diteliti apakah Teh Tong ... -
THE EFFECT OF BRAND IMAGE, BRAND QUALITY, AND BRAND EXPERIENCE TOWARDS BRAND LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION ON NIKE APPAREL IN SURABAYA
DWIRANI, FICHELA (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Faculty Of Management, 2017-12-17)Apparel industry plays a pivotal role in developing countries economy in terms of revenue generation and job creation. Due to the global sourcing and high level of price competition, apparel industry is facing a drastic ... -
PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND EQUITY BERAS DALAM KEMASAN BERMEREK “MANNA” DI JEMBER
Setiabudi, Maria Magdalena Cendani (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Master Of Management, 2011-08-03)Brand equity becomes a very important thing to note by the company in line with free trade because it raises a variety of production of goods by different manufacturers of similar goods. Rice is included in the product ...