dc.description.abstract | Toko ritel memiliki pasar yang sangat kompetitif. Saat ini, pelanggan mencari nilai tambah yang
didapatkan dari toko, dalam menentukan mereka untuk menjadi pelanggan yang loyal. Sebagai toko ritel furnitur,
Toko Sinar Mas perlu selalu berusaha tentang bagaimana untuk terus meningkatkan kualitas layanan, dengan
berupaya meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan terhadap toko. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisa pengaruh dari in-store characteristics (convenience,
employees, merchandising, service quality), economic drivers (switching costs, promotions, pricing policies), dan core
brand loyalty terhadap customers’ store loyalty pada Toko Sinar Mas di Banjarmasin. Adapun core brand loyalty
dipengaruhi oleh core brand characteristics yang terdiri dari core brand image, core brand trust, core brand quality, dan
core brand price.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis Structural Equation Model (SEM) dan software AMOS 22.0. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner kepada 205 responden, dengan karakteristik bahwa responden adalah pelanggan
dari Toko Sinar Mas Banjarmasin berusia 18-60 tahun, membeli produk core brand - Olympic lebih dari dua kali
dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, menggunakan produk core brand - Olympic dan mengetahui karakteristik yang
dimiliki core brand.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa terdapat dua variabel yang paling
berpengaruh terhadap customers’ store loyalty yaitu core brand loyalty dengan koefisien regresi sebesar 0.858 dan core
brand price dengan koefisien regresi sebesar 0.854. Sehingga Toko Sinar Mas perlu meningkatkan pengaruh variabel
tersebut, untuk meningkatkan customers’ store loyalty. | en_US |