dc.contributor.author | Melkis, Edvina | |
dc.contributor.author | Ronald | |
dc.contributor.author | Amelia | |
dc.date.accessioned | 2002-01-16T03:39:10Z | |
dc.date.available | 2002-01-16T03:39:10Z | |
dc.date.issued | 2017-06-01 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/1015 | |
dc.description.abstract | Penggunaan internet hingga kini masih menjadi salah satu cara bagi masyarakat untuk mendapatkan
barang maupun jasa secara mudah, praktis dan cepat. Salah satu aplikasi internet yang menawarkan jasa secara
online adalah GOJEK, dimana perusahaan ini mengubah tata cara pandang tradisional dimana ketika masyarakat
membutuhkan salah satu sarana transportasi darat (Ojek) pengguna tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga
untuk memesannya. Dengan hadirnya GOJEK, maka mempermudah konsumen untuk memesan Ojek dengan cara
online dan membantu konsumen agar mempermudah segala aktivitasnya.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari perceived usefulness, perceived
ease of use, , personal innovativeness social influence ,perceived credibility dan compatibility terhadap actual usage
melalui behavioral intention. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah menambah khasanah ilmu
pengetahuan di bidang manajemen khususnya seberapa besar pengaruh behavioral intention sehingga meningkatkan
actual usage yang pada akhirnya akan meningkatkan penggunaan actual dari GOJEK.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan pengolahan data menggunakan AMOS. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada
140 responden dengan karakteristik responden pria dan wanita berumur 18-60 tahun, mengetahui GOJEK dan
pernah menggunakan GOJEK dalam kurun 6 bulan terakhir serta pendapatan responden setiap bulan dan alasan
responden menggunakan GOJEK
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Actual Usage GOJEK di Surabaya dipengaruhi oleh variabel
Behavioral Intention dengan koefisien regresi sebesar 0.793 . Dalam peneltian ini variabel yang mempengaruhi
Behavioral Intention terbesar adalah variabel Compatibility diikuti variabel Social Influence. Adapun beberapa
variabel yang belum memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Behavioral Intention pengguna GOJEK di
Surabaya yaitu pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Personal Innovativenes, dan Perceived
Credibility | en_US |
dc.language.iso | ina | en_US |
dc.publisher | LPPM Universitas Pelita Harapan Surabaya | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 2302-5581; | |
dc.subject | Perceived Usefulness | en_US |
dc.subject | Perceived Ease Of Use | en_US |
dc.subject | Compatibility | en_US |
dc.subject | Social Influence | en_US |
dc.subject | Personal Innovativeness | en_US |
dc.subject | Perceived Credibility | en_US |
dc.subject | Behavioral Intention | en_US |
dc.subject | Actual Usage | en_US |
dc.title | Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Personal Innovativeness, Social Influence, Perceived Credibility, dan Compatibility Terhadap Actual Usage Melalui Behavioral Intention (Studi Kasus Pada Pengguna GOJEK Di Surabaya) | en_US |
dc.type | Journal | en_US |