Pengaruh Service Quality, Product Quality, Innovation, Dan Promotion Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada CV El Shaday Maranatha Di Bali
Abstract
Setiap perusahaan dituntut untuk bersaing maka setiap perusahaan berusaha untuk memenangkan
persaingan diantaranya dengan menciptakan inovasi-inovasi baru dan penggunaan teknologi produksi yang lebih
canggih dalam usaha meningkatkan produktivitasnya untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga
yang bersaing atau terjangkau sehingga produk tersebut dapat diterima oleh pasar. CV. El Shaday Maranatha
merupakan salah satu industri di Indonesia yang memproduksi decorative ceramic. Tingkat permintaan decorative
ceramic yang tinggi menuntut perusahaan untuk dapat meningkatkan keefektifan manajemen agar dapat memenuhi
permintaan konsumen dengan tepat waktu. Perusahaan memberikan kualitas yang dikelola dengan sebaik mungkin
dengan 7 tahap proses produksi untuk menjamin produk dengan standard SNI (standar nasional Indonesia).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran
kuesioner. Objek penelitian ini yaitu anak perusahaan CV El shaday Maranatha yang berdiri di Bali sejak tahun
2006. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah responden
sebanyak 137 orang distributor CV El shaday Maranatha di Bali. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan
uji F dan uji t menggunakan SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa service quality berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap
customer satisfaction, innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, promotion
berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan
customer satisfaction terhadap repurchase intention