ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RASIO PADA SAHAM-SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI KOMPAS100 PADA PERIODE 2006 - 2015
Abstract
Dalam melakukan investasi dapat dilakukan dengan bermacam – macam
cara salah satunya yaitu dengan saham. Penilaian atas saham merupakan kegiatan
yang sangat penting di era sekarang. Salah satu metode penilaian saham tersebut
adalah dengan cara Price Earning Ratio (PER). Metode ini mendasarkan diri atas
rasio antara harga saham per lembar yang berlaku di pasar modal terhadap tingkat
laba bersih yang yang akan dibagikan kepada pemegang saham.
Price Earning Ratio (PER) dapat diartikan sebagai indikator kepercayaan
pasar terhadap pertumbuhan perusahaan di masa akan datang. Price Earning
Ratio pada saham bertujuan untuk mengidentifikasikan saham mana yang
sebaiknya dijual ataupun dibeli. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor -
faktor apa saja yang diduga mempengaruhi nilai dari Price Earning Ratio pada
saham - saham yang terdaftar di Kompas100. Faktor-faktor yang diduga dapat
mempengaruhi antara lain : Growth of Sales, Growth of Return on Equity,
Divident Payout Ratio, Suku Bunga Indonesia, Growth of Debt to Equity Ratio,
dan Growth of Return on Investment. Adapun Periode pengamatan dari tahun
2006 sampai dengan tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
perusahaan yang terdaftar di Kompas100 sejak tahun 2006 sampai tahun 2015.
Sampel diambil dengan menggunakan metode Purposive Sampling
berdasarkan kriteria perusahaan yang melakukan pembayaran dividen selama
periode amatan. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Dimana
uji statistik menunjukkan bahwa terhadap pengaruhi serentak antara faktor - faktor
tersebut yang mempengaruhi nilai Price Earning Ratio pada saham - saham pada
saham - saham di kompas100, dan mampu dijelaskan sebesar 93 %. Dan sisanya
dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variable penelitian. Analisis dari
penelitian secara individual menunjukan hasil bahwa Growth of Sales, dan
Dividend Payout Rasio berpengaruh secara signifikan.