ANALISIS PENGARUH FOOD QUALITY , SERVICE QUALITY , PERCEIVED VALUE, DAN CUSTOMER SATISFACTION, TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA ROTI MATAHARI DI PASURUAN
Abstract
Perusahaan Roti Matahari Pasuruan berdiri sejak tanggal 3 Maret 1955 dan berlokasi
di jalan Soekarno-Hatta no. 42 – 44 Pasuruan. Lokasi usaha tersebut tidak pernah pindah
sejak didirikan oleh Jacobus Laksmana beserta istrinya. Bentuk usaha Perusahaan Roti
Matahari adalah perusahaan perseorangan karena modal seluruhnya berasal dari keluarga
pemilik perusahaan itu sendiri, karena itu Perusahaan Roti Matahari juga dapat dikatakan
sebagai perusahaan keluarga.
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh variabel Food Quality, Service
Quality, Perceived Value dan Customer Satisfaction terhadap Repurchase Intention Roti
Matahari di Pasuruan..
Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berdasarkan data dari 115 responden
yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berdomisili di Pasuruan, dengan batasan usia
18-60 tahun. Untuk pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan SPSS sebagai software untuk mengolah data. Hasil analisis menunjukkan
bahwa Statistical product and service solutions (SPSS) dengan software 22.0 sebagai
software untuk mengolah data.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa hubungan Food Quality memiliki
pengaruh terhadap Perceived Value dengan koefisien regresi sebesar 0.488. Service Quality
memiliki pengaruh terhadap Perceived Value dengan koefisien regresi sebesar 0.233.
Perceived Value memiliki pengaruh terhadap Customer Satisfaction dengan koefisien regresi
sebesar 0.728. Customer Satisfaction memiliki pengaruh terhadap Repurchase Intention
dengan koefisien regresi sebesar 0.728