dc.description.abstract | Sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa memiliki psychological
well-being (PWB) yang rendah yang berpotensi memunculkan berbagai problem perilaku dan
prestasi studi yang tidak memuaskan. Rendahnya PWB ini diasumsikan berhubungan dengan
rendahnya psychological capital (PsyCap). Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pelatihan
PsyCap terhadap peningkatan PWB mahasiswa. Program pelatihan PsyCap dirancang sistematis
selama 2 hari dengan metode experiential learning mencakup simulasi, role-playing, sharing antar
peserta dengan tokoh, psychogames, refleksi, dan kunjungan ke sekolah Anak Berkebutuhan Khusus.
Psychological well-being perserta diukur dengan skala PWB yang setelah uji coba memiliki 20 aitem
yang memiliki daya diskriminasi dan reliabilitas yang tergolong baik. Partisipan penelitian adalah 54
mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW yang PWBnya berada pada kategori sedang dan rendah terdiri
dari 27 orang dalam kelompok eksperimen dan 27 orang dalam kelompok kontrol. Dengan
menggunakan desain pretest-posttest control group design, hasil analisis data dengan uji t
menunjukkan bahwa pelatihan PsyCap terbukti efektif meningkatkan PWB mahasiswa ( t = -2,853,
n.sign = 0,000 (p<0,01). Follow-up yang dilakukan 1 bulan kemudian pada kelompok eksperimen,
tetap menunjukkan peningkatan PWBnya. Evaluasi program pelatihan PsyCap dilakukan dengan
model Kirkpatrick meliputi evaluasi level reaksi, belajar, dan perilaku | en_US |