Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Bermain Balok Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai karakter yang dibangun pada
kegiatan bermain balok untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan observasi kepada anak ketika sedang
melakukan kegiatan bermain balok. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2015 – 2016
dengan jumlah siswa 15 anak dengan 1 guru. Hasil penelitian ini adalah : 1) Penggunan balok
sudah sesuai dengan fungsinya, dan dapat dilakukan oleh seluruh anak dalam kelompok ini secara
konsisten, 2) membersihkan tempat bermain, 3) mengikuti aturan bermain, 4) menata balok dan
micro play pada tempatnya, 5) membuat bangunan hingga tuntas, 6) mengajak teman bermain, 7)
menyelesaikan masalah tanpa bantuan. Kesimpulan bahwa kegiatan bermain balok dapat
membangun karakter anak usia dini