Show simple item record

dc.contributor.authorSupriatna, Ecep
dc.date.accessioned2018-09-21T10:43:02Z
dc.date.available2018-09-21T10:43:02Z
dc.date.issued2018-06-30
dc.identifier.isbn9786025859014
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1205
dc.description.abstractPerilaku misbehavior pada siswa merupakan issu penting yang menjadi perhatian dan harus ditangani. Walaupun rata-rata perilaku yang ditunjukan tersebut masih dalam katageri surface behaviors yaitu perilaku wajar yang dilakukan anak-anak pada tahap perkembangannya, namun perilaku misbehavior dapatt mengganggu dan menghambat proses belajar mengajar. Metode guru yang sering digunakan dalam rangka mereduksi perilaku ini adalah dengan menegakkan aturan dan hukuman. Hanya saja metode ini tidak lepas dari kritikan dan kelemahan, yaitu dampak dari penerapan metode tersebut memunculkan situasi dimana siswa dimanipulasi perilakunya untuk berperilaku secara tepat namun disisi lain kebutuhan psikologisnya tidak terpenuhi. Sehingga dapat dimengerti mengapa metode tersebut diangap memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Dalam beberapa dekade terakhir ini pengelolaan atau manajemen kelas dalam mereduksi perilaku bermasalah siswa telah berubah dari paradigma berbasis intervensi pada penegakan aturan dan hukuman menjadi berfokus pada intervensi prefentif melalui pengembangan komunitas kelas. Artikel ini merupakan kajian litelatur yang mengulas bagaimana upaya dalam rangka mereduksi perilaku misbehavior dalam rangka pengembangan komunitas kelas malalui pendekatan hubungan positif guru –siswa. Dari berbagai kajian menunjukan bahwa pendekatan hubungan positif-guru siswa mampu menjadi solusi dalam mereduksi masalah perilaku siswa di dalam kelasen_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUPH Pressen_US
dc.subjectMisbehavioren_US
dc.subjectHubungan Positifen_US
dc.subjectGuru-siswaen_US
dc.titleProdi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP SILIWANGI Bandungen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record