Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP SILIWANGI Bandung
dc.contributor.author | Supriatna, Ecep | |
dc.date.accessioned | 2018-09-21T10:43:02Z | |
dc.date.available | 2018-09-21T10:43:02Z | |
dc.date.issued | 2018-06-30 | |
dc.identifier.isbn | 9786025859014 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/1205 | |
dc.description.abstract | Perilaku misbehavior pada siswa merupakan issu penting yang menjadi perhatian dan harus ditangani. Walaupun rata-rata perilaku yang ditunjukan tersebut masih dalam katageri surface behaviors yaitu perilaku wajar yang dilakukan anak-anak pada tahap perkembangannya, namun perilaku misbehavior dapatt mengganggu dan menghambat proses belajar mengajar. Metode guru yang sering digunakan dalam rangka mereduksi perilaku ini adalah dengan menegakkan aturan dan hukuman. Hanya saja metode ini tidak lepas dari kritikan dan kelemahan, yaitu dampak dari penerapan metode tersebut memunculkan situasi dimana siswa dimanipulasi perilakunya untuk berperilaku secara tepat namun disisi lain kebutuhan psikologisnya tidak terpenuhi. Sehingga dapat dimengerti mengapa metode tersebut diangap memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Dalam beberapa dekade terakhir ini pengelolaan atau manajemen kelas dalam mereduksi perilaku bermasalah siswa telah berubah dari paradigma berbasis intervensi pada penegakan aturan dan hukuman menjadi berfokus pada intervensi prefentif melalui pengembangan komunitas kelas. Artikel ini merupakan kajian litelatur yang mengulas bagaimana upaya dalam rangka mereduksi perilaku misbehavior dalam rangka pengembangan komunitas kelas malalui pendekatan hubungan positif guru –siswa. Dari berbagai kajian menunjukan bahwa pendekatan hubungan positif-guru siswa mampu menjadi solusi dalam mereduksi masalah perilaku siswa di dalam kelas | en_US |
dc.language.iso | ina | en_US |
dc.publisher | UPH Press | en_US |
dc.subject | Misbehavior | en_US |
dc.subject | Hubungan Positif | en_US |
dc.subject | Guru-siswa | en_US |
dc.title | Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP SILIWANGI Bandung | en_US |
dc.type | Journal | en_US |