Show simple item record

dc.contributor.authorHanggara, Guruh Sukma
dc.contributor.authorAndrianie, Santy
dc.contributor.authorAriyanto, Restu Dwi
dc.date.accessioned2018-09-21T10:52:31Z
dc.date.available2018-09-21T10:52:31Z
dc.date.issued2018-06-30
dc.identifier.isbn9786025859014
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1208
dc.description.abstractProgram layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah hendaknya dirancang sesuai dengan kebutuhan agar dapat memfasilitasi perkembangan optimal siswa. Kebutuhan tersebut dapat diketahui dengan melakukan asesmen, lalu dianalisis oleh konselor. Proses pelancaran asesmen, input data, sampai dengan analisis biasanya membutuhkan waktu dan tenaga yang besar jika dilakukan dengan cara konvensional. Kondisi tidak ideal dimana masih terlalu sedikitnya tenaga professional konselor dan terlalu banyaknya siswa yang harus dilayani memberikan kendala tersendiri. Dengan besarnya waktu dan tenaga yang dihadapkan dengan kondisi BK disekolah yang belum ideal, tidak sedikit konselor yang meninggalkan kegiatan asesmen kebutuhan sehingga program layanan yang diberikan oleh konselor sering kali salah sasaran atau dianggap tidak penting oleh siswa. Dari berbagai problematika tersebut dilakukanlah penelitian pengembangan yang menghasilkan terobosan dimana proses input data dianggap lebih cepat jika menggunakan bantuan Short Message Service (SMS) dan analisis juga lebih cepat pula jika dibantu dengan Aplikasi Analisis Kebutuhan siswa. Untuk itu perlu diulas dalam paper ini tentang bagaimana menggunakan Aplikasi Analisis Kebutuhan Berbasis SMS untuk Optimalisasi Layanan BK dalam Memfasilitasi Perkembangan Siswa Seutuhnyaen_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUPH Pressen_US
dc.subjectAplikasi Analisis Kebutuhanen_US
dc.subjectSMSen_US
dc.subjectLayanan BKen_US
dc.titlePenggunaan Aplikasi Analisis Kebutuhan Berbasis SMS untuk Optimalisasi Layanan BK dalam Memfasilitasi Perkembangan Siswa Seutuhnyaen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record