Implementasi Motivasi Belajar Model Arcs (Attention, Relevence, Confidence, Satisfaction) Siswa Kelas Xi Di Sma Charis Malang
Abstract
Model motivasi ARCS dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan efektifitas
pembelajaran, karena model ini memiliki beberapa kelebihan dapat menghubungkan pembelajaran di
seolah dengan kehidupan siswa, di samping itu, siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran
karena keingintahuannya muncul dari dalam diri sendiri ditunjang oleh desain motivasi belajar
model ARCS. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa model
motivasi belajar ARCS memengaruhi hasil belajar siswa. Oleh sebab itu penggunaan motivasi belajar
model ARCS dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini preexperimental One Shoot Case Study (Creswell, 2010). Peneliti menggunakan kelompok utuh (intact
group) dengan jumlah sampel seluruh siswa kelas XI SMA CHARIS Malang sejumlah 48 siswa.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara
penggunaan model motivasi belajar ARCS terhadap nilai afektif siswa, dengan signifikan sebesar
37.4%: R2 = 0.374; ᵦ = 0.611; p<0.01