dc.contributor.author | Lidia. C., Juneythi | |
dc.contributor.author | Suprapto, Maria Helena | |
dc.contributor.author | Nurcahyo, Firmanto Adi | |
dc.date.accessioned | 2015-03-19T10:54:56Z | |
dc.date.available | 2015-03-19T10:54:56Z | |
dc.date.issued | 2012 | |
dc.identifier.isbn | 978-602-18625-0-6 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/121 | |
dc.description.abstract | Abstrak
Salah satu ciri utama yang dialami oleh penderita skizofrenia adalah gangguan dalam keberfungsian sosial. Keberfungsian sosial dapat ditingkatkan melalui pemberian pelatihan keterampilan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pelatihan keterampilan sosial dalam meningkatkan keberfungsian sosial penderita skizofrenia. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang penderita skizofrenia. Keberfungsian sosial subjek penelitian diukur dengan menggunakan checklist keberfungsian sosial. Hasil dari pelatihan keterampilan sosial menunjukkan adanya peningkatan keberfungsian sosial pada kedua subjek. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial berperan dalam meningkatkan keberfungsian sosial penderita skizofrenia. Kedua subjek mengalami peningkatan pada aspek-aspek yang berbeda. Subjek 1 menunjukkan peningkatan pada aspek social engagement, independence competence, dan employment atau occupation. Subjek 2 mengalami peningkatan dalam aspek interpersonal behavior. Kedua subjek menunjukkan skor yang stabil pada aspek pro social activities, recreation, dan independence performance. Perbedaan skor dan hasil peningkatan keberfungsian sosial dimungkinkan disebabkan oleh waktu pelatihan yang singkat dan kemampuan subjek yang berbeda sebelum mengikuti pelatihan. | en_US |
dc.language.iso | ina | en_US |
dc.publisher | Universitas Pelita Harapan Surabaya | en_US |
dc.subject | Keberfungsian Sosial | en_US |
dc.subject | Pelatihan Keterampilan Sosial | en_US |
dc.subject | Skizofrenia | en_US |
dc.title | PERANAN PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL PENDERITA SKIZOFRENIA | en_US |
dc.type | Journal | en_US |