Show simple item record

dc.contributor.authorMoesarofah
dc.date.accessioned2018-09-24T09:19:05Z
dc.date.available2018-09-24T09:19:05Z
dc.date.issued2018-06-30
dc.identifier.isbn9786025859014
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1220
dc.description.abstractPendidikan merupakan instrumen pembangunan nasional. Salah satu tujuan pendidikan adalah menyiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan, dengan mengarahkan siswa untuk memperoleh pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang sesuai. Penguasaan ketrampilan diukur melalui ujian. Ujian menjadi instrumen pengambilan keputusan yang rentan dengan rasa takut dan kecemasan yang menyertai. Banyak siswa yang ingin melewati ujian dengan cara apapun. Fenomena meningkatnya terobosan pelaksanaan ujian nasional yang efisien dan transparan diikuti dengan meningkatnya perilaku curang terkait dengan kebutuhan untuk sukses dalam dunia kompetitif melalui cara-cara yang dangkal. Studi terbaru tentang kecurangan dalam ujian nasional menyiratkan keprihatinan akan integritas akademik, penilaiaan yang berbeda terkait faktor usia, gender maupun karakteristik yang melatar belakangi perilaku curang di beberapa negara. Permasalahan utama artikel ini menyoroti implementasi pendidikan karakter dalam ujian nasional berdasarkan nilai-nilai kehidupan lokal. Studi menggunakan pendekatan deskriptif analitis melalui kajian pustaka yang relevan, mencakup: 1) perbandingan karakteristik perilaku curang dari beberapa negara, 2) karakteristik pendidikan di Indonesia, 3) implementasi pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai kehidupan lokal untuk meminimalisir perilaku curang dalam ujian nasionalen_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUPH Pressen_US
dc.subjectPerilaku Curangen_US
dc.subjectUjian Nasionalen_US
dc.subjectPendidikan Karakteristiken_US
dc.subjectNilai-Nilai Kehidupan Lokalen_US
dc.titleMeminimalisir Kecurangan Ujian Nasional Berdasarkan Nilai-Nilai Kehidupan Lokalen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record