Pengembangan Sikap Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Resolusi Konflik Pada Siswa SMA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektifitas bentuk pembelajaran
resolusi konflik dalam pengembangan dan pembelajaran sikap kewarganegaraan siswa. pada
mata pelajaran PKn pada siswa kelas X SMA Negeri 22 Makassar. Subyek penelitian ini
merupakan siswa-siswi kelas X SMA Negeri 22 Makassar dengan menggunakan dua kelas
sebagai sampel, di mana pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling dengan
jenis pengambilan sampel penelitian adalah Purposive sampling sehingga dimana peneliti
membagi sampel dalam 2 kelas yaitu kelas eksprimen 24 siswa dan kelas control 27 siswa dengan
melihat KKM siswa. Pokok pembahasann sebagai kajian penelitian ini adalah apakah model
pembelajaran resolusi konflik efektif dalam pengembangan sikap kewarganegaraan siswa pada
mata pelajaran PKn pada kelas X SMA Neg. 22 Makassar. Data dalam penelitian ini adalah
model pembelajaran resolusi konflik dan pengembangan sikap kewarganegaraan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran resolusi konflik efektifitas dalam pengembangan
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Negeri 22 Makassar