• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Berpikir Kritis dalam Membangun Bhinneka Tunggal Ika

Thumbnail
View/Open
Nadia Sutanto.pdf (973.3Kb)
Date
2018-06-30
Author
Sutanto, Nadia
Metadata
Show full item record
Abstract
Anak-anak Indonesia adalah generasi yang memiliki tantangan tersendiri dalam menghadapi persaingan dunia global. Hasil skor PISA (OECD, 2016) menunjukkan Indonesia berada di urutan kesembilan dari bawah dan urutan 62 dari 70 negara peserta. Permasalahan yang ditangkap oleh beberapa pengamat, pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia lebih mengandalkan kemampuan hafalan dibandingkan kemampuan memahami bacaan dalam setiap mata pelajaran yang berbeda. Badan Pusat Statistisk menunjukkan bahwa Provinsi Jawa yang seringkali menjadi tempat tujuan pendidikan yang berkualitas tinggi pun, masih memiliki 2.5-4.99% penduduk yang tergolong mengalami kesulitan dalam membaca. Pentingnya peran guru di setiap mata pelajaran untuk menciptakan kesenangan siswa dalam membaca. Diharapkan siswa yang menyukai bacaan, akan memiliki pengetahuan yang lebih bervariasi, dan memiliki pandangan yang lebih jernih dan terbuka terhadap setiap situasi. Pemahaman yang jernih, kritis dan bertanggung-jawab, diharapkan dapat membentuk dan mempertahankan sikap Kebhinekaan secara positif. Tujuan dalam kajian literatur ini untuk menekankan pentingnya hubungan pemahaman terhadap bacaan dan terbentuknya pemikiran kritis yang jernih dan bertanggung jawab untuk menemukan, memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai luhur Bhineka Tunggal Ika
URI
http://hdl.handle.net/123456789/1223
Collections
  • National Con (PRC)

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV