Meningkatkan Karakter Fairness Siswa SD Melalui Media Permainan Roda Pelangi

Date
2018-06-30Author
Setyaputri, Nora Yuniar
Krisphianti, Yuanita Dwi
Puspitarini, Ikke Yuliani Dhian
Metadata
Show full item recordAbstract
Fairness memiliki arti menghargai kesetaraan antar individu, bermain sesuai peran atau taat
akan aturan yang berlaku, tidak suka memanfaatkan kelemahan orang lain untuk
keuntungan pribadi, dan bersikap transparan serta adil terhadap sesama. Untuk menjadi
pribadi yang sehat secara pribadi maupun sosialnya, konseli/siswa harus memiliki karakter ini.
Pengembangan karakter hendaknya dilakukan sedini mungkin. Oleh karena itu, dipilihlah siswa
SD sebagai subjek sasaran. Sebagai sarana untuk mengembangkan karakter ini perlu dipilih
sebuah media yang sesuai, serta untuk mengurangi kebosanan pada anak perlu dipilih sebuah
media yang memenuhi unsur kebaruan (novelty). Menggunakan permainan sebagai media untuk
mengintervensi siswa SD dinilai tepat karena ditinjau dari usia mereka masih sangat gemar
bermain. Maka, permainan Roda Pelangi dirasa sesuai untuk digunakan sebagai media dalam
proses pengembangan karakter fairness tersebut. Roda Pelangi merupakan bagian dari media
permainan yang tergolong baru serta menarik sehingga dapat minat siswa agar dengan sukarela
mengikuti kegiatan bimbingan untuk meningkatkan karakter fairness. Tujuan penelitian yang
dapat dirumuskan adalah untuk mengetahui tingkat karakter fairness siswa SD sebelum dan
sesudah melakukan permainan Roda Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
teknik penelitian yang dipilih adalah eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design.
Namun, dalam penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi mengenai penggunaan media
permainan Roda Pelangi untuk meningkatkan karakter fairness siswa SD