• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Meningkatkan Karakter Fairness Siswa SD Melalui Media Permainan Roda Pelangi

Thumbnail
View/Open
Nora Yuniar Setyaputri, Yuanita Dwi Krisphianti, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini.pdf (512.0Kb)
Date
2018-06-30
Author
Setyaputri, Nora Yuniar
Krisphianti, Yuanita Dwi
Puspitarini, Ikke Yuliani Dhian
Metadata
Show full item record
Abstract
Fairness memiliki arti menghargai kesetaraan antar individu, bermain sesuai peran atau taat akan aturan yang berlaku, tidak suka memanfaatkan kelemahan orang lain untuk keuntungan pribadi, dan bersikap transparan serta adil terhadap sesama. Untuk menjadi pribadi yang sehat secara pribadi maupun sosialnya, konseli/siswa harus memiliki karakter ini. Pengembangan karakter hendaknya dilakukan sedini mungkin. Oleh karena itu, dipilihlah siswa SD sebagai subjek sasaran. Sebagai sarana untuk mengembangkan karakter ini perlu dipilih sebuah media yang sesuai, serta untuk mengurangi kebosanan pada anak perlu dipilih sebuah media yang memenuhi unsur kebaruan (novelty). Menggunakan permainan sebagai media untuk mengintervensi siswa SD dinilai tepat karena ditinjau dari usia mereka masih sangat gemar bermain. Maka, permainan Roda Pelangi dirasa sesuai untuk digunakan sebagai media dalam proses pengembangan karakter fairness tersebut. Roda Pelangi merupakan bagian dari media permainan yang tergolong baru serta menarik sehingga dapat minat siswa agar dengan sukarela mengikuti kegiatan bimbingan untuk meningkatkan karakter fairness. Tujuan penelitian yang dapat dirumuskan adalah untuk mengetahui tingkat karakter fairness siswa SD sebelum dan sesudah melakukan permainan Roda Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang dipilih adalah eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Namun, dalam penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi mengenai penggunaan media permainan Roda Pelangi untuk meningkatkan karakter fairness siswa SD
URI
http://hdl.handle.net/123456789/1225
Collections
  • National Con (PRC)

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV