Show simple item record

dc.contributor.authorGani, Suriati Abdul
dc.date.accessioned2018-09-24T11:01:03Z
dc.date.available2018-09-24T11:01:03Z
dc.date.issued2018-06-30
dc.identifier.isbn9786025859014
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1232
dc.description.abstractBangsa dan Negara Indonesia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa dengan beraneka ragam budaya, suku bangsa, adat istiadat, agama dan kepercayaan. Kekayaan ini patut disyukuri, dan dikelola dengan baik sehingga menjadi modal untuk membangun manusia Indonesia yang holistik dalam kebhinekaan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting untuk menghasilkan manusia Indonesia yang holistik. Tujuan ini bisa diwujudkan oleh para pendidik dengan menerapkan manajemen kelas yang responsif secara budaya. Artikel ini merupakan hasil kajian literatur.yang bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya dan perlunya penerapan manajemen kelas yang responsif secara budaya di dalam kegiatan dan interaksi mengajar-belajar. Di era globalisasi saat ini, banyak pendidik cenderung memiliki dan akan berhadapan dengan siswa dari beragam suku, budaya, etnis, ras, bahasa, dan agama di kelas mereka. Terlebih khusus di dalam masyarakat Indonesia, setiap pendidik perlu memiliki kesadaran, pengakuan, dan penerimaan bahwa peserta didik yang mereka hadapi memiliki latar belakang yang berbeda. Setiap siswa lahir, diasuh, dan dibesarkan dalam lingkungan budaya Nusantara yang kaya dan beragam. Maka diharapkan agar setiap pendidik termotivasi untuk menerapkan manajemen kelas yang responsif secara budaya, sehingga secara positif akan meningkatkan kinerja akademik setiap siswa. Dengan demikian terbangunlah manusia Indonesia yang holistiken_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUPH Pressen_US
dc.subjectBudayaen_US
dc.subjectHolistiken_US
dc.subjectManajemen Kelasen_US
dc.subjectResponsifen_US
dc.titlePendidikan yang Responsif Secara Budayaen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record