dc.description.abstract | Bangsa dan Negara Indonesia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa dengan beraneka ragam budaya,
suku bangsa, adat istiadat, agama dan kepercayaan. Kekayaan ini patut disyukuri, dan dikelola
dengan baik sehingga menjadi modal untuk membangun manusia Indonesia yang holistik dalam
kebhinekaan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting untuk menghasilkan manusia
Indonesia yang holistik. Tujuan ini bisa diwujudkan oleh para pendidik dengan menerapkan
manajemen kelas yang responsif secara budaya. Artikel ini merupakan hasil kajian literatur.yang
bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya dan perlunya penerapan manajemen kelas
yang responsif secara budaya di dalam kegiatan dan interaksi mengajar-belajar. Di era globalisasi
saat ini, banyak pendidik cenderung memiliki dan akan berhadapan dengan siswa dari beragam suku,
budaya, etnis, ras, bahasa, dan agama di kelas mereka. Terlebih khusus di dalam masyarakat
Indonesia, setiap pendidik perlu memiliki kesadaran, pengakuan, dan penerimaan bahwa peserta
didik yang mereka hadapi memiliki latar belakang yang berbeda. Setiap siswa lahir, diasuh, dan
dibesarkan dalam lingkungan budaya Nusantara yang kaya dan beragam. Maka diharapkan agar
setiap pendidik termotivasi untuk menerapkan manajemen kelas yang responsif secara budaya,
sehingga secara positif akan meningkatkan kinerja akademik setiap siswa. Dengan demikian
terbangunlah manusia Indonesia yang holistik | en_US |