Implementasi Portofolio On-line Siswa Kelas 5 SD Kristen Charis dengan Menggunakan Metode Personal Blogging
Abstract
Di era saat ini dimana revolusi digital mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita, tidak terkecuali di
bidang pendidikan. Bentuk komunikasi orang tua dan guru saat ini sudah dangat berubah mengikuti
perkembangan teknologi dan tren yang sedang terjadi. Di SD Kristen Charis, budaya komunikasi
yang terbuka antara sekolah, guru dan orang tua pun terus mengalami perubahan menuju
pengoptimalisasian penggunaan teknologi. Dalam perkembangan teknologi di dunia pendidikan,
salah satu terobosan yang ada adalah transformasi portofolio secara online yang dapat menjangkau
lebih banyak orang dan menciptakan kesempatan untuk melatih siswa membuat narasi perkembangan
dan pencampaian mereka sendiri-ketrampilan yang bisa mereka gunakan baik untuk pertumbuhan
personal maupun profesional di masa depan nanti. Portofolio yang terbaik tentu saja adalah
portofolio yang dikompilasi oleh siswa sendiri.
Dari masalah yang ditemukan di SD Kristen Charis sehubungan dengan penerapan portofolio dan
dengan melihat perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan dan teknologi saat ini, maka penulis
memutuskan untuk mengimplementasikan portofolio online. Portofolio online ini dibuat dengan
menggunakan metode personal blogging dengan beberapa pengaturan untuk tetap melindungi privasi
dan data-data pribadi yang hanya akan dapat diakses oleh orang tua siswa yang bersangkutan
dengan menggunakan account dari sekolah. Manfat yang didapatkan melipputi keterbukaan informasi
dan komunikasi, juga peningkatan ketrampilan metakognitif siswa