• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Memahami Keberagaman Dan Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Holistik

Thumbnail
View/Open
Tellma M. Tiwa.pdf (741.7Kb)
Date
2018-06-30
Author
Tiwa, Tellma M.
Metadata
Show full item record
Abstract
Memahami keragaman dan perbedaan, memerlukan adanya kesediaan memahami diri secara utuh. Dalam proses pembelajaran, idealnya tidak melulu bersifat materialistik, namun menjadi sebuah proses menyeluruh yang melibatkan diri dan kesadaran, intelektualitas, emosi, spritualitas, estetika dan realitas sosial yang melingkupi kehidupan seseorang. Memahami secara utuh menjadi signifikan bagi masyarakat dengan diversitas tinggi, seperti halnya Indonesia. Kajian ini akan mengurai landasan teoritik paradigma pendidikan holistik, sebagai pijakan dalam menanamkan pemahaman akan keragaman sebagai sebuah kenyataan, dan membangun karakteristik pembelajar yang demokratis, egaliter, adil serta menghargai keragaman. Sekaligus menyusun proyeksi-proyeksi penerapannya dalam praktik pedagogi di lingkungan perguruan tinggi. Pendidikan holistik menempatkan mahasiswa bukan semata-mata pengkaji objek material, namun pelaku aktif yang mampu mengelaborasikan pengetahuan, rasa, spiritualitas dan kekuatan konteks realitasnya. Hadirnya perspektif holistik berperan dalam membangun pemahaman dan penghargaan terhadap adanya keberbedaan (toleransi). Pemahaman dan kesadaran yang utuh dari pendidikan holistik pada akhirnya menggugurkan keyakinan-keyakinan yang tidak akurat, irasional dan generatif, yang seringnya menjadi sumber prasangka dan diskriminasi
URI
http://hdl.handle.net/123456789/1236
Collections
  • National Con (PRC)

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV