Show simple item record

dc.contributor.authorTiwa, Tellma M.
dc.date.accessioned2018-09-24T11:12:24Z
dc.date.available2018-09-24T11:12:24Z
dc.date.issued2018-06-30
dc.identifier.isbn9786025859014
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1236
dc.description.abstractMemahami keragaman dan perbedaan, memerlukan adanya kesediaan memahami diri secara utuh. Dalam proses pembelajaran, idealnya tidak melulu bersifat materialistik, namun menjadi sebuah proses menyeluruh yang melibatkan diri dan kesadaran, intelektualitas, emosi, spritualitas, estetika dan realitas sosial yang melingkupi kehidupan seseorang. Memahami secara utuh menjadi signifikan bagi masyarakat dengan diversitas tinggi, seperti halnya Indonesia. Kajian ini akan mengurai landasan teoritik paradigma pendidikan holistik, sebagai pijakan dalam menanamkan pemahaman akan keragaman sebagai sebuah kenyataan, dan membangun karakteristik pembelajar yang demokratis, egaliter, adil serta menghargai keragaman. Sekaligus menyusun proyeksi-proyeksi penerapannya dalam praktik pedagogi di lingkungan perguruan tinggi. Pendidikan holistik menempatkan mahasiswa bukan semata-mata pengkaji objek material, namun pelaku aktif yang mampu mengelaborasikan pengetahuan, rasa, spiritualitas dan kekuatan konteks realitasnya. Hadirnya perspektif holistik berperan dalam membangun pemahaman dan penghargaan terhadap adanya keberbedaan (toleransi). Pemahaman dan kesadaran yang utuh dari pendidikan holistik pada akhirnya menggugurkan keyakinan-keyakinan yang tidak akurat, irasional dan generatif, yang seringnya menjadi sumber prasangka dan diskriminasien_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUPH Pressen_US
dc.subjectPendidikan Holistiken_US
dc.subjectToleransien_US
dc.subjectKonstruk Personalen_US
dc.titleMemahami Keberagaman Dan Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Holistiken_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record