Show simple item record

dc.contributor.authorSubasno, Yohanes
dc.date.accessioned2018-09-24T11:32:09Z
dc.date.available2018-09-24T11:32:09Z
dc.date.issued2018-06-30
dc.identifier.isbn9786025859014
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1241
dc.description.abstractPendidikan merupakan aspek terpenting dalam pembangunan manusia Indonesia. Salah satu model pendidikan yang mengakomodasi keragaman peserta didik termasuk siswa berkebutuhan khusus adalah pendidikan inklusif. Kelas inklusif memungkinkan siswa reguler dan berkebutuhan khusus saling belajar dan menghargai perbedaan. Lebih penting, guru memberi perhatian pada kebutuhan setiap peserta didik. Pendidikan inklusif bermaksud berkontribusi pada pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Fakta di lapangan masih jauh dari ideal. Tujuan kajian ini adalah memotret pelaksanaan pendidikan inklusif sekaligus memberikan tips-tips guna mendukung implementasi yang lebih baik, khususnya pengelolaan kelas inklusif, dengan siswa tunarunguwicara. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan pengamatan lapangan. Siswa dengan ketidakmampuan mendengar, seringkali tidak belajar seperti siswa lainnya. Mereka sebagai “pupuk bawang”. Situasi ini tidak selaras dengan konsep pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang menjangkau semua anak ‘tanpa terkecuali’. Penulis memberikan tips-tips untuk keberhasilan kelas inklusi yang menerima siswa tunarungu-wicara: 1) Sekolah melakukan sosialisasi konsep pendidikan inklusi bagi stakeholder terkait, dibarengi penyediaan infrastruktur yang memadahi. 2) Guru dan tenaga kependidikan dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk mendidik siswa tunarungu-wicara, seperti penguasaan bahasa isyarat. 3) Bekerja sama dengan orangtua untuk bersikap inklusif. 4) Calon siswa berkemampuan beda dipersiapkan secara memadai. 5) Guru Pendamping Khusus. 6) Pengelolaan kelas inklusif yang memperhatikan setiap kebutuhan siswaen_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUPH Pressen_US
dc.subjectKeragaman Peserta Didiken_US
dc.subjectPembangunan Manusia Indonesia Seutuhnyaen_US
dc.subjectPendidik-an Inklusifen_US
dc.subjectTunarungu-Wicaraen_US
dc.titlePendidikan Inklusif Untuk Mengakomodasi Keragaman Peserta Didik Dalam Rangka Pembangunan Manusia Indonesiaen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record