dc.description.abstract | Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadi sebuah peluang bagi perusahaan untuk
mengembangkan bisnisnya. Salah satu inovasi teknologi yang paling bermanfaat adalah internet. Dengan adanya
internet, perusahaan dapat menjual produk atau jasanya secara online yang disebut dengan layanan e-commerce.
Traveloka adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Kehadiran Traveloka memudahkan
konsumen dalam membandingkan harga tiket pesawat dan hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Compatibility, Emotional Value, Price Value, dan
Functional Value terhadap Actual Usage melalui Behavioral Intention.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis Structural Equation Model (SEM) dan software AMOS. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner kepada 205 responden dengan karakteristik responden pria dan wanita berumur 18-
60 tahun, mengetahui Traveloka dan pernah melakukan pembelian di Traveloka dalam kurun 6 bulan terakhir.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa terdapat dua variabel yang paling
berpengaruh terhadap Actual Usage yaitu Percieved Ease of Use dengan koefisien regresi sebesar 0.544 dan Functional
Value dengan koefisien regresi sebesar 0.523. Sehingga Traveloka perlu meningkatkan pengaruh variabel tersebut,
untuk meningkatkan Actual Usage. | en_US |