dc.contributor.author | Audinata, Arnoldus Gede Reza | |
dc.contributor.author | Ronald | |
dc.contributor.author | Amelia | |
dc.date.accessioned | 2019-01-16T04:27:37Z | |
dc.date.available | 2019-01-16T04:27:37Z | |
dc.date.issued | 2018-12-01 | |
dc.identifier.issn | 2302-5581 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/1245 | |
dc.description.abstract | Perkembangan transportasi masa kini sangatlah pesat, seiring juga dengan kebutuhan manusia untuk
berpindah-pindah dengan cepat dari suatu tempat ketempat lainnya dengan jarak yang jauh. Hal tersebut yang
mendukung untuk dilakukannya inovasi dan perkembangan dalam hal transportasi agar kebutuhan dapat terpenuhi.
Jaman sekarang untuk bepergian jarak jauh seperti antar daerah yang berbeda pulau atau pun berpergian antar
negara dapat ditempuh dengan cepat yaitu dengan menggunakan pesawat terbang. Di Indonesia kegunaan
transportasi udara sangatlah penting karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang dapat dengan mudan
ketika menggunakan transportasi udara untuk berpindah dari daerah atau pulau yang lain ke yang lain. Maka dari
itu perkembangan transportasi udara di Indonesia sangatlah pesat, dapat dilihat dari munculnya berbagai
perusahaan penerbangan di Indonesia. Salah satu perusahaan penyedia jasa penerbangan terbesar dan nomer satu di
Indoneisa adalah Garuda Indonesia, hal ini juga karena Garuda Indonesia meruapakan perusahaan milik negara.
Salah satu keunggulan Garuda Indonesia yaitu memberikan pengalaman merasakan kebudayaan Indonesia pada
setiap penerbangannya yang disebut juga dengan Garuda Experience.
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh Company Reputation dan Overall Satisfaction terhadap
Repurchase Intention melalui variabel Consumer Trust, Consumer Company Identification dan Consumer Commitment
terhadap pelanggan maskapai penerbangan Garuda Indonesia di Surabaya. Dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dan software AMOS 24.0. Kuesioner disebarkan
kepada 130 responden sebagai sampel dimana karakteristik responden yakni terdiri dari pria dan wanita pada
rentang usia 18-60 tahun, konsumen yang berdomisili di Surabaya, sudah pernah menggunakan jasa penerbangan
Garuda Indonesia dalam enam bulan terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Consumer Trust berpengaruh positif signifikan terhadap
Consumer Commitment pada pelanggan Garuda Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.608, variabel Consumer
Company Identification berpengaruh positif signifikan terhadap Consumer Commitment pada pelanggan Garuda
Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.233, variabel Company Reputation berpengaruh positif signifikan
terhadap Consumer Trust pada pelanggan Garuda Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.238, variabel
Company Reputation berpengaruh positif signifikan terhadap Consumer Company Identification pada pelanggan
Garuda Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.553, variabel Overall Satisfaction berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap Consumer Commitment pada pelanggan Garuda Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.022,
variabel Overall Satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap Consumer Trust pada pelanggan Garuda
Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.56, Variabel Consumer Commitment berpengaruh positif signifikan
terhadap Repurchase Intention pada pelanggan Garuda Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.764 dan variabel.
Overall Satisfaction berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Repurchase Intention pada pelanggan Garuda Indonesia dengan koefisien regresi sebesar 0.098. | en_US |
dc.language.iso | ina | en_US |
dc.publisher | LPPM Universitas Pelita Harapan Surabaya | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol. 7 No. 2, Desember 2018; | |
dc.subject | Company Reputation | en_US |
dc.subject | Overall Satisfaction | en_US |
dc.subject | Consumer Trust | en_US |
dc.subject | Consumer Company Identification | en_US |
dc.subject | Consumer Commitment | en_US |
dc.subject | Repurchase Intention | en_US |
dc.title | Analisis Pengaruh Company Reputation dan Overall Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Melalui Variabel Consumer Trust, Consumer Company Identification, dan Consumer Commitment Terhadap Pelanggan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia di Surabaya | en_US |
dc.type | Journal | en_US |