Show simple item record

dc.contributor.authorAngkawijaya, Yulius Fransisco
dc.contributor.authorPuspitasari, Yesica Indah
dc.contributor.authorArdianti, Pramudita
dc.contributor.authorTanojo, Karin Lucia
dc.date.accessioned2015-03-25T10:09:16Z
dc.date.available2015-03-25T10:09:16Z
dc.date.issued2014-05-22
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/132
dc.description.abstractAbstrak Pendidikan mempunyai fungsi vital sebagai dasar dari pembangunan nasional. Fungsi pendidikan salah satunya adalah membentuk perilaku bermoral. Namun kenyataan pada saat ini adalah banyak perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pelajar yang mengindikasikan lemahnya karakter mulia saat ini. Secara teoritis, karakter mulia merupakan karakter yang dihasilkan dari proses penerapan ajaran agama (Marzuki, 2013:72). Karakter mulia dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah orientasi etika. Subjek berasal dari 42 mahasiswa di Universitas Pelita Harapan Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Karakter Mulia dan Skala Orientasi Etika. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dengan menggunakan program IBM® SPSS® Statistics versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi etika idealisme memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter mulia (p < .05), yakni sebesar 20.1%. Sementara orientasi etika relativisme mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap karakter mulia (p < .05), yakni sebesar 27.4%. Oleh karena itu, sekolah maupun Perguruan Tinggi mempunyai kewajiban dan peran untuk mengembangkan orientasi etika pelajar dengan pendidikan moral sehingga diharapkan dapat membawa dampak pada peningkatan karakter mulia yang akhirnya akan menciptakan sebuah generasi yang lebih baik di masa datang.en_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherPusat Studi Etika Dan Sosio - Religiositas Universitas Kristen Petraen_US
dc.subjectKarakter Muliaen_US
dc.subjectOrientasi Etikaen_US
dc.titleEtikaku Karakterkuen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record