Analisis Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Strategi Pengembangan UKM Berbasis Kluster (Studi Kasus : Sentra Industri Batik Jetis Sidoarjo dan Sentra Sepatu Wedoro)
Date
2012-08-04Author
Palamba, Surya Putra Tarukallo
Hartanti, Lusia Permata Sari
Runtuk, Johan K.
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak— Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki potensi dan peran yang sangat besar dalam menunjang perekonomian nasional. Namun, industri kecil sendiri masih mempunyai keterbatasan dalam kemampuan dan pengembangan usahanya. Tujuan penelitian ini memformulasikan strategi untuk mengembangkan industri kecil khususnya yang ada di sentra industri kecil Batik Jetis Sidoarjo dan Sentra Sepatu Wedoro dengan menggunakan pendekatan CSSF (Contingent Strategic Success Formula) dan diamond Porter. Pada akhirnya penelitian ini akan mengidentifikasi variabelvariabel yang berpengaruh pada pertumbuhan industri kecil. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor yang memiliki hubungan yang kuat dan signifikan terhadap pertumbuhan sentra batik Jetis antara lain : differensiasi produk, tekanan institusi lain, respon terhadap perubahan dan resistansi terhadap perubahan teknologi, sedangkan faktor-faktor yang memiliki hubungan yang kuat dan signifikan untuk sentra sepatu Wedoro adalah respon terhadap perubahan dan fleksibilitas usaha. Selain itu, perhitungan diperoleh tingkat turbulensi lingkungan, agresivitas usaha dan responsivitas usaha untuk sentra batik Jetis diperoleh masingmasing
sebesar 3,54, 3,22 dan 3,504 sedangkan untuk sentra sandal dan sepatu Wedoro diperoleh
tingkat turbulensi lingkungan, agresivitas dan responsivitas usaha masing-masing sebesar 3,6388, 3,139 dan 3,036