• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   DSpace Home
  • Faculty of Psychology
  • Psychology
  • Research Paper (Psy)
  • Conference (Psy)
  • National Con (Psy)
  • View Item
  •   DSpace Home
  • Faculty of Psychology
  • Psychology
  • Research Paper (Psy)
  • Conference (Psy)
  • National Con (Psy)
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Gambaran Persepsi Guru Terhadap Pedofilia

Thumbnail
View/Open
2017_PSI_Psychofest_Helena2_Gambaran Persepsi PEdofilia-3-21.pdf (100.6Kb)
Date
2017-11-18
Author
Suprapto, Maria Helena
Widjiastuti, Agustin
Metadata
Show full item record
Abstract
Pedofilia menjadi sorotan masyarakat seiring dengan maraknya kasus pelecehan anak yang dilakukan oleh pelaku yang diduga memiliki gangguan pedofilia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi guru terhadap pelecehan seksual anak dan pedofilia. Penelitian ini menggunakan angket terbuka yang dibagikan kepada 35 orang guru SD dan TK di Surabaya dengan metode incidental sampling. Angket terbuka berisi 9 pertanyaan tentang: 1) Kriteria pelecehan seksual; 2) Pernah tidaknya guru menghadapi siswa yang telah menjadi korban pelecehan seksual; 3) Cara guru mengenali tanda-tanda siswa mengalami pelecehan atau penganiayaan seksual; 4) Usaha untuk melindungi siswa dan mencegah terjadinya pelecehan seksual; 5) Pandangan guru terhadap faktor-faktor yang mendorong individu melakukan pelecehan seksual; 6) Pandangan guru terhadap peran sekolah dalam melindungi siswanya dari pelecehan seksual; 7) Pandangan guru terhadap peran orangtua siswa untuk melindungi siswa dari pelecehan seksual; 8) Pandangan guru terhadap peran pemerintah dalam melindungi siswa dari pelecehan seksual; dan 9) Jenis hukuman yang layak bagi pelaku pelecehan seksual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TK dan SD belum memahami sepenuhnya tentang definisi, kriteria, dan dampak pelecehan dan penganiayaan seksual. Saran penelitian ini adalah guru SD dan guru TK sebaiknya mendapatkan psikoedukasi tentang pedofilia, penyebab, dan dampak pelecehan seksual terhadap anak. Sekolah diharapkan mempunyai program khusus yang mengajarkan tentang batasan-batasan sentuhan dan bagian tubuh yang boleh dan yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, dan mengajarkan tata cara dalam menghadapi orang yang tidak dikenal
URI
http://hdl.handle.net/123456789/1676
Collections
  • National Con (Psy)

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV