Show simple item record

dc.contributor.authorPalamba, Surya Putra Tarukallo
dc.contributor.authorHartanti, Lusia Permata Sari
dc.contributor.authorRuntuk, Johan K.
dc.date.accessioned2015-04-10T12:36:44Z
dc.date.available2015-04-10T12:36:44Z
dc.date.issued2012-08-04
dc.identifier.isbn978-602-18625-0-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/167
dc.description.abstractAbstrak— Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki potensi dan peran yang sangat besar dalam menunjang perekonomian nasional. Namun, industri kecil sendiri masih mempunyai keterbatasan dalam kemampuan dan pengembangan usahanya. Tujuan penelitian ini memformulasikan strategi untuk mengembangkan industri kecil khususnya yang ada di sentra industri kecil Batik Jetis Sidoarjo dan Sentra Sepatu Wedoro dengan menggunakan pendekatan CSSF (Contingent Strategic Success Formula) dan diamond Porter. Pada akhirnya penelitian ini akan mengidentifikasi variabelvariabel yang berpengaruh pada pertumbuhan industri kecil. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor yang memiliki hubungan yang kuat dan signifikan terhadap pertumbuhan sentra batik Jetis antara lain : differensiasi produk, tekanan institusi lain, respon terhadap perubahan dan resistansi terhadap perubahan teknologi, sedangkan faktor-faktor yang memiliki hubungan yang kuat dan signifikan untuk sentra sepatu Wedoro adalah respon terhadap perubahan dan fleksibilitas usaha. Selain itu, perhitungan diperoleh tingkat turbulensi lingkungan, agresivitas usaha dan responsivitas usaha untuk sentra batik Jetis diperoleh masingmasing sebesar 3,54, 3,22 dan 3,504 sedangkan untuk sentra sandal dan sepatu Wedoro diperoleh tingkat turbulensi lingkungan, agresivitas dan responsivitas usaha masing-masing sebesar 3,6388, 3,139 dan 3,036en_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherKonferensi Nasional Universitas Pelita Harapan Surabaya - 3–4 Agustus 2012en_US
dc.subjectUKMen_US
dc.subjectKlasteren_US
dc.subjectContingent Strategic Success Formulaen_US
dc.subjectDiamond Porteren_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Strategi Pengembangan UKM Berbasis Kluster (Studi Kasus : Sentra Industri Batik Jetis Sidoarjo dan Sentra Sepatu Wedoro)en_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record