• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
  •   DSpace Home
  • UPHS PROCEEDING
  • National Con (PRC)
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Korelasi antara CFIT, Tes Pemahaman, dan Tes Berhitung pada Siswa kelas XII di Kepulauan Mentawai

Thumbnail
View/Open
Paper Proceeding UMM.pdf (8.415Mb)
Date
2014-05-24
Author
Nurcahyo, Firmanto Adi
Suprapto, Maria Helena
Jophita Hosea Boeditjahjono
Putriadi, Gabriella Erika
Metadata
Show full item record
Abstract
Abstrak. Tes intelegensi merupakan suatu tes yang mengungkap kecerdasan individu. Culture Fair Intelligence Test (CFIT) yang dikembangkan oleh Ralmond B. Cattel dirancang untuk mengukur fluid ability atau kemampuan kognitif seseorang yang bersifat herediter. Fluid ability ini didukung crystallized ability yang berkembang saat individu berinteraksi dengan lingkungan, seperti misalnya sekolah, dimana individu belajar untuk memahami hal-hal yang disampaikan melalui kata-kata maupun angka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara skor hasil CFIT dengan hasil tes pemahaman dan tes berhitung. Subjek sebanyak 521 siswa kelas XII siswa SMA kelas XII di Kepulauan Mentawai. Instumen yang digunakan adalah CFIT, tes pemahaman (Al), dan tes berhitung (A5). Hasil uji korelasi menunjukan adanya hubungan yang sangat signifikan antara hasil CFIT dengan tes pemahaman (r=0.262, p=0.000) maupun CFIT dengan tes berhitung (0.387, p=0.000). Tes pemahaman juga memiliki korelasi yang sangat signifikan dengan tes berhitung (r=0.279, p=0.000). Hasil tersebut mengindikasi bahwa seseorang dengan skor CFIT yang tinggi, memiliki skor tinggi pula pada tes pemahaman dan tes berhitung, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian hasil CFIT seseorang dapat menjadi indikator dari kemampuan individu dalam memahami hal-hal yang disampaikan melalui kata-kata atau isyarat secara logis dan tepat, serta dalam memahami data angka atau numerik dan menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan angka secara cepat dan cennat.
URI
http://hdl.handle.net/123456789/170
Collections
  • National Con (PRC)

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV