Show simple item record

dc.contributor.authorNurcahyo, Firmanto Adi
dc.contributor.authorSuprapto, Maria Helena
dc.contributor.authorJophita Hosea Boeditjahjono
dc.contributor.authorPutriadi, Gabriella Erika
dc.date.accessioned2015-04-14T06:31:31Z
dc.date.available2015-04-14T06:31:31Z
dc.date.issued2014-05-24
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/170
dc.description.abstractAbstrak. Tes intelegensi merupakan suatu tes yang mengungkap kecerdasan individu. Culture Fair Intelligence Test (CFIT) yang dikembangkan oleh Ralmond B. Cattel dirancang untuk mengukur fluid ability atau kemampuan kognitif seseorang yang bersifat herediter. Fluid ability ini didukung crystallized ability yang berkembang saat individu berinteraksi dengan lingkungan, seperti misalnya sekolah, dimana individu belajar untuk memahami hal-hal yang disampaikan melalui kata-kata maupun angka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara skor hasil CFIT dengan hasil tes pemahaman dan tes berhitung. Subjek sebanyak 521 siswa kelas XII siswa SMA kelas XII di Kepulauan Mentawai. Instumen yang digunakan adalah CFIT, tes pemahaman (Al), dan tes berhitung (A5). Hasil uji korelasi menunjukan adanya hubungan yang sangat signifikan antara hasil CFIT dengan tes pemahaman (r=0.262, p=0.000) maupun CFIT dengan tes berhitung (0.387, p=0.000). Tes pemahaman juga memiliki korelasi yang sangat signifikan dengan tes berhitung (r=0.279, p=0.000). Hasil tersebut mengindikasi bahwa seseorang dengan skor CFIT yang tinggi, memiliki skor tinggi pula pada tes pemahaman dan tes berhitung, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian hasil CFIT seseorang dapat menjadi indikator dari kemampuan individu dalam memahami hal-hal yang disampaikan melalui kata-kata atau isyarat secara logis dan tepat, serta dalam memahami data angka atau numerik dan menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan angka secara cepat dan cennat.en_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherSeminar Nasional Psikologi - Universitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectCFITen_US
dc.titleKorelasi antara CFIT, Tes Pemahaman, dan Tes Berhitung pada Siswa kelas XII di Kepulauan Mentawaien_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record