Show simple item record

dc.contributor.authorSukatama, Audrey Fabrianne
dc.date.accessioned2015-04-17T05:29:25Z
dc.date.available2015-04-17T05:29:25Z
dc.date.issued2012-08-04
dc.identifier.isbn978-602-18625-0-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/176
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini menguji pengaruh variabel store image terhadap variabel store satisfaction, pengaruh variabel store satisfaction terhadap variabel store loyalty dalam rangka menghasilkan sustainable communities terhadap kegiatan usaha retail yang berdampak bagi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar karena memberikan kesempatan kerja melalui penciptaan lapangan kerja baru dan kegiatan usaha baru serta menciptakan kemudahan dalam hal pemenuhan kebutuhan barang-barang konsumsi bagi lingkungan dimana kegiatan usaha tersebut berlangsung. Penelitian dilakukan pada para konsumen dan pelanggan yang berbelanja di Alfamart Surabaya dengan melibatkan seratus responden yang datang dan melakukan pembelian dalam satu tahun terakhir. Berdasarkan analisis data yang mencakup analisis statistic deskriptif, analisis path dengan menggunakan permodelan SEM (Structural Equation Modeling), dan analisis PLS (Partial Least Square), diperoleh hasil bahwa variabel store image berpengaruh positif terhadap variabel store satisfaction serta variabel store satisfaction berpengaruh positif terhadap variabel store loyalty pada pelanggan yang berbelanja di Alfamart Surabaya sehingga tercipta sustainable communities terhadap kegiatan usaha dalam jangka panjang. Sustainable communities timbul manakala hasil penelitian terhadap para responden memberi indikasi bahwa kegiatan usaha yang dijalankan tersebut yang digunakan sebagai obyek penelitian memang bermanfaat dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan dimana kegiatan usaha tersebut berlangsung. Manfaat dan dampak positif dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh Alfamart Surabaya memang berhasil menciptakan lapangan kerja baru bagi para pencari tenaga kerja sehingga kehadirannya memberi kesempatan kerja serta memberi kemudahan bagi masyarakat maupun konsumen barang-barang konsumsi untuk memperoleh pemenuhan kebutuhan terhadap barang-barang konsumsi berkualitas dengan lebih cepat dan mudah. Penciptaan kegiatan usaha yang bermanfaat dan berdampak positif tersebut berakibat pada timbulnya kesetiaan pelanggan, itu semua menjadi pemicu lahirnya sustainable communities atas kegiatan usaha tersebut yang dalam hal ini terjadi pada Alfamart Surabaya sekaligus sebagai obyek penelitian. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan demi memelihara dan mendorong terciptanya sustainable communities adalah menyampaikan kata positif kepada orang lain dengan cara menghimbau dan mengajak makin banyak orang disekitar kita yang kita kenal baik teman, sahabat, rekan kerja maupun usaha untuk berbelanja di tempat yang sama serta menjadikan Alfamart Surabaya sebagai tempat belanja kebutuhan barang-barang konsumsi. Makin banyak orang yang berkunjung dan berbelanja di Alfamart Surabaya menjadi bukti nyata bahwa sustainable communities telah terbangun dan tengah berlangsung. Sustainable communities itu pula yang menjadi pokok kekuatan usaha manapun dalam perjalanan kegiatan usahanya. Kata kunci – store loyalty, store satisfaction, store image, sustainable communities, Alfamart, Surabayaen_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherKonferensi Nasional Universitas Pelita Harapan Surabaya - 3–4 Agustus 2012en_US
dc.subjectStore Loyaltyen_US
dc.subjectStore Satisfactionen_US
dc.subjectStore Imageen_US
dc.subjectSustainable Communitiesen_US
dc.subjectAlfamarten_US
dc.subjectSurabayaen_US
dc.titleFaktor-faktor Yang Mendorong Terciptanya Sustainable Communities Melalui Store Loyalty Pada Alfamart Surabayaen_US
dc.typeJournalen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record