Show simple item record

dc.contributor.authorOktavia, Dwi
dc.date.accessioned2021-01-15T07:22:11Z
dc.date.available2021-01-15T07:22:11Z
dc.date.issued2020-09-14
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1984
dc.description.abstractResiliensi Akademik adalah ketangguhan individu dalam menghadapi berbagai tugas akademik. Dukungan sosial adalah adanya transaksi interpersonal dengan cara memberikan bantuan kepada orang lain sedangkan self esteem adalah penilaian atas harga diri individu sebagai manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dukungan sosial dan self-esteem terhadap resiliensi akademik mahasiswa di Surabaya dengan menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling melalui penyebaran kuesioner dengan google form kepada 90 mahasiswa di Surabaya. Penelitian kuantitatif ini dianalisis menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik dengan nilai R^2=0,130 (p=0.000). Hal ini menjelaskan terdapat pengaruh dari dukungan sosial sebesar 13%. Hasil penelitian pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa self-esteem berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik dengan nilai R^2=0,247 (p=0.000). Hal ini menjelaskan terdapat pengaruh dari self-esteem sebesar 24,7%. Hasil penelitian pada hipotesis ketiga diterima dengan hasil dukungan sosial memiliki pengaruh yang kecil secara simultan terhadap resiliensi akademik sedangkan self esteem memiliki pengaruh signifikan yang besar secara simultan terhadap resiliensi akademik sebesar 25,8%. (p=0.000). Ada faktor lain yang mempengaruhi resiliensi akademik pada mahasiswa di Surabaya. Mahasiswa diharapkan untuk selalu berpikir positif dalam keadaan apapun dan tetap fokus pada tujuan agar mampu mencapai kehidupan yang lebih baik / Academic resilience is firm individual in dealing with some academic tasks. Social support is the existence of interpersonal transactions by providing assistance to others, while self-esteem is an assessment of individual self-esteem as a human being. This research has purpose to know and to analyse the impact of social support and self-esteem of college student academic resilience in Surabaya by using accidental sampling technique and giving out questionnaire through google form to 90 college students in Surabaya. This quantitative research was analysed by using assumption tests and hypothesis tests. The result of research in a first hypothesis show that social support has positive to academic resilience by scoring R^2= 0,130 (p=0.000). This explains that there is an influence of social support as amount 13%. The result of research in a second hypothesis show that self-esteem has positive to academic resilience by scoring R^2= 0,247 (p=0.000). This explains that there is an influence of self-esteem as amount 24,7%. The results of the research in the third hypothesis are accepted with the results of social support having a small effect simultaneously on academic resilience, while self-esteem has a significant effect simultaneously on academic resilience by 25.8%. (p=0.000). There are other factors that influence the academic resilience of students in Surabaya. College student are expected to always think positively in any circumstances and stay focused on their goals in order to be able to achieve a better life.en_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUniversitas Pelita Harapan Surabaya - Faculty Of Psychology - Department Of Psychologyen_US
dc.subjectdukungan sosialen_US
dc.subjectresiliensi akademiken_US
dc.subjectharga dirien_US
dc.titlePengaruh dukungan sosial dan self esteem terhadap resiliensi akademik mahasiswa di Surabayaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record