Show simple item record

dc.contributor.authorPrawesthi, Anak Agung Anindya Uma
dc.date.accessioned2021-01-19T08:05:30Z
dc.date.available2021-01-19T08:05:30Z
dc.date.issued2020-10-16
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1987
dc.description.abstractCelebrity Worship adalah sindrom dimana seseorang memiliki perilaku yang obsesif dan ia merasa candu pada idolanya serta segala hal yang berhubungan dengan idola tersebut. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui gambaran celebrity worship behavior pada fans K-Pop idol BTS yaitu ARMY. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus dan menggunakan metode wawancara mendalam (in depth-interview). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalan paradigma interpretif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang ARMY yang ditemukan melalui Twitter. Celebrity Worship behavior memiliki tiga aspek yang kemudian dijadikan sebagai tema untuk membuat pedoman wawancara. Tema celebrity worship terdiri dari aspek entertainment-social, aspek intense personal feelings, dan aspek borderline pathological. Setelah peneliti melakukan wawancara terhadap para subjek, munculah tema-tema yaNG merupakan representasi dari ketiga aspek tersebut. Tema yang pertama diberi judul “Aku dan BTS” yang merupakan representasi aspek Entertaiment-social. Tema kedua diberi judul “No Bantann No Life” yang merupakan representasi aspek intense personal feelings. Tema ketiga diberi judul “Sebagai Fans Aku Berusaha Untukmu”. Tema ini merupakan representasi dari tema borderline pathological. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek menunjukkan perilaku yang lebih dominan kepada aspek entertainment-social dan aspek intense personal feelings / Celebrity Worship is a syndrome where someone has an obsessive behaviour and they feel addicted towards their idol and also all of the things that is connected to their idol. This research was made to describe K-Pop fans of BTS’s celebrity worship behaviour. The approach that was used in this research is qualitative with the type of case study and uses in depth interview method. The paradigm in this study is the interpretive paradigm. There are three subject in this research that was scouted from Twitter. Celebrity worship behaviour has three aspect which then became the theme to make the guidelines of the interview. Celebrity worship consist of three main aspect which is entertainment-social aspect, intense personal feelings aspect, and borderline pathological aspect. After the researcher has done the interview with the subjects, there are three themes that shows as a representation of the three aspect. The first theme was “Me and BTS” which is a representation of entertainment-social aspect. The second theme was “No Bangtan No Life” which is a representation of intense personal feelings aspect. The third theme was “As A Fan I Will Try For You” which is a representation of borderline pathological aspect. The result of this research shown that all three subjects shown a more dominant behaviour towards the entertainment-social aspect and intense personal feelings aspecten_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUniversitas Pelita Harapan Surabaya - Faculty Of Psychology - Department Of Psychologyen_US
dc.subjectcelebrity worshipen_US
dc.subjectarmyen_US
dc.subjectk-pop idolen_US
dc.subjectBTSen_US
dc.titleCelebrity worship behavior pada fans K-Pop Idol BTS (방탄소년단)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record