Analisis pengaruh faktor environment quality, delivery quality, dan outcome quality terhadap behavioral intention melalui customer satisfaction pada pengguna situs belanja di Surabaya
Abstract
Sociolla merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang secara spesifik menjual produk kecantikan atau kosmetik dengan jumlah kunjungan tertinggi. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir Sociolla juga mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Oleh karena itu, penting bagi Sociolla untuk dapat mengetahui faktor kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh Sociolla melalui situs e-commerce memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen dan niat perilaku dari konsumen. Kualitas pelayanan yang diteliti merupakan e-service quality yang terdiri dari tiga faktor, yaitu environment quality, delivery quality, dan outcome quality. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kausal dan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen atau pengunjung situs belanja Sociolla yang berdomisili di Kota Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada setiap konsumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara snowball sampling. Kemudian teknik analisis yang dilakukan adalah structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian membuktikan bahwa environment quality, delivery quality, dan outcome quality berpengaruh positif signifikan terhadap customer satisfaction. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa customer satisfaction berpengaruh positif terhadap behavioral intention pengunjung situs belanja Sociolla
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis pengaruh technical quality, procedural quality, infrastructural quality, interactional quality, personnel quality, dan social support quality terhadap patient satisfaction dan behavioral intention penyintas covid-19 pada 13 Rumah Sakit Tipe B di Surabaya
Pangemanan, Belina Antoinete Nelly (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Faculty Of Management, 2021-08-27)Dalam satu negara, pembangunan dalam sektor kesehatan merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional yang krusial. Rumah Sakit merupakan salah satu industri pelayanan kesehatan dalam pembangunan sektor kesehatan ... -
Analisis pengaruh service quality dan experience quality terhadap customer loyalty melalui perceived value dan attitude pada pelanggan Djournal coffee di Surabaya
Carrayanta, Verren (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Faculty Of Management, 2020-09-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Service quality dan Experience quality terhadap Customer loyalty melalui Perceived value dan Attitude. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah seberapa ... -
Analisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi usefulness, user satisfaction, dan customer loyalty dari pelanggan Zalora Di Surabaya
Lala, Hilkia (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Faculty Of Management, 2020-09-14)Pertumbuhan industri E-commerce Indonesia sangatlah pesat karena beberapa hal, seperti kondisi ekonomi masyarakat kelas menengah ke atas dan adanya pergeseran pola penggunaan. Dapat dikatakan bahwa ZALORA adalah salah satu ...