• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   DSpace Home
  • Faculty of Business School
  • Management
  • Theses (Man)
  • View Item
  •   DSpace Home
  • Faculty of Business School
  • Management
  • Theses (Man)
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

January effect pada Pasar saham Indonesia

Thumbnail
View/Open
Title.pdf (1.055Mb)
Abstract.pdf (378.5Kb)
ToC.pdf (1.101Mb)
Chapter 1.pdf (1.617Mb)
Chapter 2.pdf (2.206Mb)
Chapter 3.pdf (382.1Kb)
Chapter 4.pdf (2.534Mb)
Chapter 5.pdf (268.7Kb)
Bibliography.pdf (383.9Kb)
Abstract.pdf (378.5Kb)
Date
2020-12-18
Author
Kusuma, Monica Belinda
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini menguji January Effect, dengan tidak hanya membandingkan return per tahun dengan return bulan Januari saja, tetapi juga membandingkan return per tahun dengan return bulan-bulan yang lain. Dengan demikian, penelitian ini dapat mengetahui apakah pada bulan Januari terdapat perbedaan signifikan (January effect) pada saham perusahaan LQ45, atau tidak terjadi perbedaan yang signifikan di bulan Januari, tetapi terjadi terjadi perbedaan yang signifikan di bulan lainnya. Agar penelitian ini ceteris paribus (mengisolasi efek dari faktor lain di luar apa yang dipelajari), maka dalam penelitian ini akan menghilangkan event-event yang terjadi pada perusahaan yang mempengaruhi return saham. Ketika terjadi event yang mempengaruhi return, yang dihilangkan adalah periode 1 minggu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah di Indonesia terdapat January effect, dengan cara membandingkan average return harian tiap bulan dengan average return harian setahun, menggunakan metode analisis Mann Whitney U Test, yaitu uji secara non parametris yang skala data variable terikatnya merupakan interval/ratio atau ordinal yang tidak berdistribusi normal. Uji ini dapat mengetaui median 2 kelompok bebas. Dengan menguji average return per bulannya, penelitian ini dapat membuktikan apakah pada bulan Januari terdapat perbedaan signifikan, atau apakah ada perbedaan yang signifikan di bulan lainnya. Hasil pengolahan data pada penelitian ini, menyatakan bahwa terdapat 4 bulan yang hasilnya signifikan, yaitu pada bulan Januari, September, November, dan Desember. Dari keempat bulan yang hasilnya signifikan ini, bulan Januari dan Desember memiliki hasil signifikan yang lebih tinggi. Sedangkan pada bulan September dan November memiliki hasil signifikan yang lebih rendah. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa hasil signifikan yang lebih tinggi pada bulan Januari menandakan bahwa terdapat January Effect di Indonesia. Pada bulan Desember, hasilnya signifikan lebih tinggi karena Window dressing
URI
http://hdl.handle.net/123456789/2255
Collections
  • Theses (Man)

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV