Show simple item record

dc.contributor.authorKusuma, Monica Belinda
dc.date.accessioned2021-03-25T03:44:36Z
dc.date.available2021-03-25T03:44:36Z
dc.date.issued2020-12-18
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/2255
dc.description.abstractPenelitian ini menguji January Effect, dengan tidak hanya membandingkan return per tahun dengan return bulan Januari saja, tetapi juga membandingkan return per tahun dengan return bulan-bulan yang lain. Dengan demikian, penelitian ini dapat mengetahui apakah pada bulan Januari terdapat perbedaan signifikan (January effect) pada saham perusahaan LQ45, atau tidak terjadi perbedaan yang signifikan di bulan Januari, tetapi terjadi terjadi perbedaan yang signifikan di bulan lainnya. Agar penelitian ini ceteris paribus (mengisolasi efek dari faktor lain di luar apa yang dipelajari), maka dalam penelitian ini akan menghilangkan event-event yang terjadi pada perusahaan yang mempengaruhi return saham. Ketika terjadi event yang mempengaruhi return, yang dihilangkan adalah periode 1 minggu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah di Indonesia terdapat January effect, dengan cara membandingkan average return harian tiap bulan dengan average return harian setahun, menggunakan metode analisis Mann Whitney U Test, yaitu uji secara non parametris yang skala data variable terikatnya merupakan interval/ratio atau ordinal yang tidak berdistribusi normal. Uji ini dapat mengetaui median 2 kelompok bebas. Dengan menguji average return per bulannya, penelitian ini dapat membuktikan apakah pada bulan Januari terdapat perbedaan signifikan, atau apakah ada perbedaan yang signifikan di bulan lainnya. Hasil pengolahan data pada penelitian ini, menyatakan bahwa terdapat 4 bulan yang hasilnya signifikan, yaitu pada bulan Januari, September, November, dan Desember. Dari keempat bulan yang hasilnya signifikan ini, bulan Januari dan Desember memiliki hasil signifikan yang lebih tinggi. Sedangkan pada bulan September dan November memiliki hasil signifikan yang lebih rendah. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa hasil signifikan yang lebih tinggi pada bulan Januari menandakan bahwa terdapat January Effect di Indonesia. Pada bulan Desember, hasilnya signifikan lebih tinggi karena Window dressingen_US
dc.language.isoinaen_US
dc.publisherUniversitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Faculty Of Managementen_US
dc.subjectstock returnen_US
dc.subjectaverage return harianen_US
dc.subjectaverage return tahunanen_US
dc.titleJanuary effect pada Pasar saham Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record