Analisis pengaruh efficiency, requirement fulfillment, system accessibility, dan privacy terhadap customer loyalty melaui customer satisfaction pada pelanggan aplikasi Traveloka di Surabaya
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi peluang bagi banyak
perusahaan untuk mengembangkan dan melebarkan sayap bisnisnya. Dengan
memanfaatkan teknologi internet, perusahaan dapat menawarkan produk dan jasa
secara online yang dikenal dengan bisnis e-commerce. Traveloka adalah salah satu
perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce. Selain website, Traveloka
juga memiliki aplikasi yang menyediakan berbagai produk dan jasa yang dapat
membantu masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas Traveloka juga
memiliki aplikasi yang menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat
membantu masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas dan memenuhi gaya
hidup masyarakat yang semakin modern dan instan.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui hubungan pengaruh Efficiency, Requirement Fulfillment, System
Accessibility, Privacy terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction.
Sehingga manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk menambah
pengetahuan dalam bidang manajemen khususnya seberapa besar pengaruh
variabel-variabel tersebut sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Metode penilitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengolahan
data menggunankan SPSS 25.0. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran
kuesioner kepada 125 responden dengan karakteristik responden pria dan wanita
berumur 18 – 60 tahun, berdomisili di Surabaya yang telah menggunakan dan
berbelanja di aplikasi Traveloka minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan
terhadap Customer Loyalty adalah Customer Satisfaction, Efficiency, dan Privacy
sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan adalah Requirement Fulfillment dan
System Accessibility. Kemudian variabel yang berpengaruh signifikan terhadap
Customer Satisfaction adalah Efficiency, Requirement Fulfillment dan Privacy
serta yang tidak berpengaruh secara signifikan adalah variabel System Accessibility / The rapid development of technology is an opportunity for many companies
to develop and expand their business. By utilizing internet technology, companies
can offer products and services online known as e-commerce businesses. In
addition to the website, Traveloka also has an application that provides various
products and services that can help the community in carrying out various activities
and fulfilling people's lifestyles that are increasingly modern and instant.
This study is a causal research conducted with the aim of knowing the
relationship between the influence of Efficiency, Requirement Fulfillment, System
Accessibility, Privacy on Customer Loyalty through Customer Satisfaction. So that
the expected benefit from this research is to increase knowledge in the field of
management, especially how much influence these variabels have so as to increase
consumer loyalty. The research method used is a quantitative method with data
processing using SPSS 25.0. Data collection is carried out by distributing
questionnaires to 125 respondents with the characteristics of male and female
respondents aged 18-60 years, customers living in the city of Surabaya who have
used and shopped at the Traveloka application at least 2 times in the last 1 year.
The results showed that the variables that have a significant effect on
Customer Loyalty are Customer Satisfaction, Efficiency, and Privacy while those
that have no significant effect are Requirement Fulfillment and System
Accessibility. Then the variables that have a significant effect on Customer
Satisfaction are Efficiency, Requirement Fulfillment and Privacy and those that do
not significantly affect the System Accessibility variable