Analisis pengaruh appearance similarity, lifestyle similarity, dan status similarity terhadap interaction intensity, satisfaction, dan repurchase intention pada nasabah mandiri sekuritas
Abstract
Mandiri Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas dalam negeri yang mampu
memberikan pelayanan jual beli produk investasi paling baik diantara perusahaan
sekuritas dalam negeri yang lain dan mampu menunjukkan kinerja paling baik
selama pandemi Covid-19 tahun 2020. Pelayanan dari Mandiri Sekuritas cenderung
erat kaitannya dengan proses interaksi antara nasabah dengan konsultan. Oleh
karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari appearance
similarity, lifestyle similarity, dan status similarity terhadap interaction intensity,
satisfaction, dan repurchase intentions pada nasabah Mandiri Sekuritas yang
terdapat di Kota Surabaya.
Penelitian ini dilakukan merupakan jenis penelitian kausal dengan pendekatan
penelitian secara kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah Mandiri Sekuritas
Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner secara
online kepada setiap nasabah Mandiri Sekuritas di Surabaya. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan
untuk uji hipotesis adalah software AMOS versi 22.0.
Hasil penelitian membuktikan bahwa appearance similarity, lifestyle similarity,
dan status similarity berpengaruh positif signifikan terhadap interaction intensity
nasabah. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa interaction intensity nasabah
berpengaruh positif signifikan terhadap satisfaction, dan satisfaction berpengaruh
positif signifikan terhadap repurchase intentions pada nasabah Mandiri Sekuritas
yang terdapat di Kota Surabaya / Mandiri Sekuritas is a domestic securities company that is able to provide the best
investment product buying and selling services among other domestic securities
companies and is able to show the best performance during the 2020 Covid-19
pandemic. Services from Mandiri Sekuritas tend to be closely related to the
interaction process between customers. with a consultant. Therefore, this study aims
to analyze the effect of appearance similarity, lifestyle similarity, and status
similarity on interaction intensity, satisfaction, and repurchase intentions on
Mandiri Sekuritas customers in the city of Surabaya.
This research is a type of causal research with a quantitative research approach. The
object of this research is Mandiri Sekuritas Surabaya. Data was collected by
providing online questionnaires to every Mandiri Sekuritas customer in Surabaya.
The sampling technique was carried out by snowball sampling. The data analysis
technique used to test the hypothesis is AMOS software version 22.0.
The results of the study prove that appearance similarity, lifestyle similarity, and
status similarity have a significant positive effect on customer interaction intensity.
The results also prove that customer interaction intensity has a significant positive
effect on satisfaction, and satisfaction has a significant positive effect on repurchase
intentions for Mandiri Sekuritas customers in the city of Surabaya