Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Memilih Program Pendidikan Jarak Jauh di Surabaya
Abstract
Berkembangnya layanan World Wide Web dan penurunan biaya untuk mengakses internet, kecepatan
internet yang semakin meningkat, perkembangan teknologi seperti video capture dan display, sistem tele/video
konferensi yang semakin populer dan terjangkau untuk masyarakat umum, ikut mendorong perkembangan dunia
pendidikan. Perkembangan dibidang sistem informasi tersebut semakin mendorong dan memudahkan dosen dan
mahasiswa dipisahkan secara geografis untuk melakukan proses belajar mengajar secara bersama-sama. Dengan
hanya menggunakan perangkat sederhana seperti: desktop atau laptop, webcam, perangkat lunak konferensi video
dan internet, setiap orang dapat dengan mudah melakukan pertemuan atau diskusi secara online.
Meskipun fenomena yang ada menunjukkan preferensi masyarakat yang semakin meningkat dalam melakukan
proses pembelajaran secara virtual dalam kehidupan modern, namun sangat sedikit yang diketahui tentang faktor
yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan program ini. Penelitian yang dilakukan
sebelumnya menunjukkan bahwa selain “kebergunaan” (perceived usefulness), kualitas sistem (system quality) dan
kualitas layanan (service quality) juga merupakan konstruksi penting dalam memastikan kesuksesan pengaplikasian
sebuah sistem informasi. Selain itu, persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) juga merupakan faktor
yang secara langsung dapat mempengaruhi minat dalam mengadopsi sebuah sistem informasi.