dc.description.abstract | Pada masa ini, banyak sekali remaja yang mengagumi tokoh idola. Hal ini dilakukan semata sebagai suatu
cara remaja untuk mengikuti lingkungannya yang juga mengagumi seorang tokoh idola dan sebagai cermin yang
indah terhadap diri remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan konformitas
dengan celebrity worship pada remaja awal di Surabaya.
Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang duduk di bangku kelas VII di SMP Negeri 43 Surabaya
dengan teknik pengambilan yaitu incidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.
Data penelitian dikumpulkan dengan Skala Harga Diri, Skala Konformitas dan Skala Celebrity Worship. Skala Harga
Diri diadaptasi dari skala penelitian milik Wardhani (2009) terdiri dari 32 aitem valid (α=0,903). Skala Konformitas
berdasarkan teori Baron dan Byrne (2003) terdiri dari 14 item valid (α=0,786). Skala Celebrity Worship diadaptasi
skala penelitian Maltby dan kawan-kawan (2002) terdiri dari 17 item valid (α=0,824). Analisis data menggunakan
korelasi product-moment Pearson dan Spearman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara harga diri dan celebrity worship
pada remaja di SMP Negeri 43 Surabaya (r=0,265, p<0,05) dan tidak ada hubungan antara konformitas dan celebrity
worship pada remaja di SMP Negeri 43 Surabaya (r=0,106, p>0,05). Tokoh idola diharapkan dapat memotivasi para
remaja dalam meningkatkan harga dirinya dan tidak menjadi terobsesi pada tokoh idola yang dapat mengganggu
proses belajar. | en_US |