UPAYA HUKUM KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA PENYELENGGARA UNDIAN BERHADIAH BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 9 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
Abstract
Masalah perlindungan konsumen akhir-akhir ini banyak terjadi, hal ini
disebabkan karena lemahnya posisi konsumen dibandingkan dengan pelaku usaha.
Ketidaktahuan serta ketidakberdayaan konsumen dimanfaatkan oleh sebagian pelaku
usaha sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan konsumen.
salah-satu kasus yang banyak terjadi di masyarakat adalah kasus undian berhadiah
fiktif. Para pelaku usaha hanya memanfaatkan konsumen sebagai obyek aktivitas
bisnis untuk meraup keuntungan yang sebesar-besanya tetapi tidak
mempertanggungjawabkan dampaknya terhadap konsumen. Oleh karena itu, tesis ini
bertujuan untuk meneliti bentuk tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen
dalam penyalagunaan undian berhadiah yang diselenggarakan oleh konsumen dan
upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Bahan yang
digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Selanjutnya
dilakukan analisis dengan menggunakan metode deduksi. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa pelaku usaha bertanggungjawab atas
setiap kerugian yang dialami konsumen dengan adanya undian berhadiah dan
perbuatan pelaku usaha tersebut merupakan perbuatan melawan hukum karena telah
melanggar Pasal 13, Pasal 14 dan Pasal 17 UUPK dan penyelesaian sengketa yang
dapat ditempuh oleh konsumen baik jalur litigasi dan non litigasi. Untuk penyelesaian
di luar pengadilan dalam permasalahan undian fiktif ini hanya bisa dilakukan melalui
BPSK.