dc.description.abstract | pada iklan terhadap sikap konsumen pada merk Pocari Sweat, (2) pengaruh sikap
konsumen pada iklan terhadap citra merek Pocari Sweat, (3) pengaruh sikap
konsumen pada merek terhadap citra merek Pocari Sweat, (4) pengaruh sikap
konsumen pada merk terhadap preferensi merek Pocari Sweat, dan (5) pengaruh
citra merk terhadap preferensi merk Pocari Sweat.
Penelitian ini merupakan penelitian kausal, untuk mengidentifikasi
hubungan sebab akibat antar variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan
menyebar kuesioner kepada responden di Surabaya dan yang memenuhi kriteria
yang telah ditentukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Structural
Equation Model dengan program 16.0. penelitian ini menggunakan alat
pengukuran berupa kuesioner, dan diambil sebanyak 110 responden menggunakan
non probability sampling.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Sikap pada iklan berpengaruh positif dan
sgnifikan terhadap sikap pada merek, (2) Sikap pada iklan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap citra merek, (3) Sikap pada merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap citra merek, (4) Sikap pada Merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Preferensi Merek, dan (5) Citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap preferensi merek.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) konstruk sikap konsumen pada iklan
telah dikonfirmasi sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Rossiter and
Percy (1987), (2) Sikap konsumen pada merek telah dikonfirmasi sesuai dengan
teori yang dikembangkan oleh Keller (2003), (3) Citra merek telah dikonfirmasi
sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Keller (1993), (4) Preferensi merek
telah dikonfirmasi sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Hawkins (1999),
(5) Terdapat pengaruh sikap terhadap iklan terhadap sikap terhadap merek, (6)
Terdapat pengaruh sikap terhadap iklan terhadap citra merek, (7) Terdapat
pengaruh sikap terhadap merek terhadap citra merek, (8) Terdapat Pengaruh Sikap
Terhadap Merek Terhadap Preferensi Merek, dan (9) Terdapat pengaruh citra
merek terhadap preferensi merek. Untuk meningkatkan pencapaian market share,
pihak manejemen Pocari Sweat memperbesar pengaruh sikap pada merek terhadap
preferensi merek. | en_US |