FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA AKUNTANSI PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURABAYA
Abstract
Globalisasi pendidikan memacu para pengelola Perguruan Tinggi untuk
membangun keunggulan bersaing agar tetap dapat bertahan. Perguruan Tinggi harus
melakukan pengelolaan yang efisien dan efektif serta menerapkan strategi pemasaran
yang tepat. Filosofi strategi pemasaran yang mengarahkan pada pelanggan (customeroriented),
merupakan strategi yang tepat dimana mahasiswa adalah pelanggan utama
Perguruan Tinggi. Memuaskan mahasiswa merupakan salah satu pertahanan paling
baik melawan pesaing. Penerapan strategi yang berorientasi pada mahasiswa akan
memudahkan Perguruan Tinggi untuk memahami keinginan dan harapan
mahasiswanya. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan
kausalitas faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Dengan
memodifikasi Student Satisfaction and Retention Model (SSRM) yang dikembangkan
Keaveney&Young (1997), peneliti mengukur kepuasan mahasiswa dari 4 faktor yaitu
Kinerja Dosen, Kinerja Staf administrasi, Proses Pembelajaran, dan Sarana Prasarana
dimana terdapat varibel pengalaman mahasiswa sebagai perantara.
Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi pada Perguruan
Tinggi Swasta di Surabaya. Data diperoleh dari pembagian kuesioner kepada 98
mahasiswa akuntansi. Dengan menggunakan analisa model persamaan structural
(SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), diperoleh hasil bahwa kinerja
dosen, proses pembelajaran, dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan mahasiswa sedangkan staf administrasi tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan mahasiswa.