STRATEGIC IMPLEMENTATION MODEL OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE: A CASE STUDY OF INDONESIAN COMPANY
Abstract
Good Corporate Governance (GCG) yang mengacu pada prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, dan keadilan telah diterima secara luas sebagai standar global dalam praktek tata pamong perusahaan. Dunia usaha di Indonesia mulai menerapkan prinsip-prinsip tersebut sejak tahun 2001. Namun demikian, sejauh ini masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam menentukan model terbaik dari penerapan GCG. Studi ini didasarkan pada penelitian lapangan di ASGR, sebuah perusahaan publik di Indonesia yang bergerak di bidang IT, yang telah melalui tahun-tahun pembelajaran dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG. Studi ini terutama menggunakan data-data perusahaan tersebut dari tahun 2000 hingga 2001, yakni periode dimana ASGR melakukan studi-studi awal dan persiapan penerapan GCG. Makalah ini merekomendasikan sebuah model penerapan strategis dari GCG dengan menggunakan pendekatan sistem sebagai dasar analisis. Model yang disajikan dalam makalah ini menggunakan analisis manajemen strategis, analisis multistakeholder, analisis tanggapan strategis, dan analisis global benchmarking sebagai perangkat analisis yang berguna dalam memandu penerapan strategis dari GCG. Model ini menghubungkan penerapan GCG dengan konteks strategis dari perusahaan. Penilaian umum terhadap menyarankan ketersediaan model ini sebagai model generik bagi perusahaan-perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG.