Pengaruh Variabel Internal Melalui Kepuasan dalam Usaha Meningkatkan Niat Berperilaku Konsumen Restoran di Surabaya
Abstract
Pada saat ini, industri yang sedang bertumbuh dengan pesat di Indonesia adalah industri makanan dan minuman, salah satunya restoran. Di Surabaya pun, industri yang kini sedang tumbuh dengan pesat adalah restoran. Tingginya tingkat pertumbuhan dari restoran yang ada di Surabaya ini tidak terlepas dari pendapatan masyarakat Surabaya yang semakin meningkat. Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat Surabaya yang kini lebih menyukai untuk makan di restoran karena dirasa lebih prestige juga turut membantu pertumbuhan restoran yang ada di Surabaya. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, setiap restoran perlu untuk meningkatkan niat berperilaku dari konsumennya.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Restoran, Nilai Yang Dirasakan, dan Kepuasan Konsumen terhadap Niat Berperilaku konsumen Restoran Babi Bakar “Por Kee” di Hr. Muhammad Surabaya. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu laki-laki dan perempuan yang melakukan pembelian di “Por Kee” lebih dari sekali dalam tiga bulan terakhir sejumlah 130 responden dengan teknik pengambilan sample non probability sample dan metode pengambilan sample adalah purposive sampling. Untuk pengolahan dan penganalisaan data menggunakan software SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Restoran, Nilai Yang Dirasakan, dan Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh yang positif terhadap Niat Berperilaku konsumen Restoran Babi Bakar “Por Kee” di Hr. Muhammad Surabaya, namun tidak semuanya berpengaruh secara signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Kepuasan Konsumen merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap Niat Berperilaku.