Analisis Pengaruh Variabel Restaurant Environmental Cues Dan Non-Environmental Cues Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pelanggan Richeese Factory Di Surabaya
Abstract
Pada saat ini, industri yang sedang bertumbuh dengan pesat di Indonesia adalah industri makanan dan minuman,
salah satunya Restoran. Di kota Surabaya pun, industri yang kini sedang tumbuh dengan pesat dan menjadi
primadona adalah Restoran. Tingginya tingkat pertumbuhan dari restoran yang ada di Surabaya ini tidak terlepas
dari pendapatan masayarakat Surabaya yang semakin meningkat. Selain pendapatan yang meningkat, perubahan
gaya hidup masyarakat Surabaya yang kini lebih menyukai makan di Restoran karena dirasa lebih prestige juga
turut membantu pertumbuhan restoran yang ada di Surabaya. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, setiap
Restoran perlu untuk meningkatkan Repurchase Intention.
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh variabel Decor, spatial layout, Ambient Condition,
Food Quality, Service Quality, Price, dan Customer Satisfaction terhadap Repurchase Intention Restoran “Richeese
Factory” di Surabaya. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada laki-laki dan wanita yang tinggal di
wilayah kota Surabaya yang melakukan pembelian serta mengkonsumsi produk “Richeese Factory” di outlet
“Richeese Factory” lebih dari sekali dalam 3 bulan terakhir, berusia 18-60 tahun, sejumlah 150 responden. Untuk
pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan SPSS sebagai software untuk
mengolah data. Hasil analisis menunjukkan bahwa Statistical product and service solutions (SPSS) dengan software
22.0 sebagai softwere penggolah data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Satisfaction, Décor, Spatial Layout, Ambient Condition,
Service Quality dan Price memiliki pengaruh yang positif terhadap Repurchase Intention pelanggan Restoran
“Richeese Factory” di Surabaya, namun tidak semuanya berpengaruh secara signifikan. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan bahwa Customer Satisfaction merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap
Repurchase Intention.