Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Melalui Social Media Marketing Terhadap Produk Frozen Yogurt Sour Sally di Surabaya
Abstract
Surabaya merupakan kota terbesar kedua yang ada di Indonesia, dengan perkembangan industri yang maju dengan pesat banyak perusahaan yang memikirkan untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat dan berusaha untuk menarik minat beli dari masyarakat. Hal ini menjadi landasan dilakukan penelitian ini untuk menguji pengaruh Social Media Marketing, Value Equity, Relationship Equity, Brand Equity dan Purchase Intention. Penelitian ini menggunakan objek Sour Sally yang dilakukan di Surabaya.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kausal kuantitatif dengan menggunakan regresi linear berganda dengan software SPSS 16.0 sampel yang digunakan sebanyak 106 dengan teknik non probability sampling dan metode sampel yang digunakan purposive sampling.
Hasil analisis menunjukan bahwa Social Media Marketing berpengaruh signifikan pada Value Equity, Relationship Equity dan Brand Equity, serta Value Equity, Relationship Equity, dan Brand Equity berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention pada produk frozen yogurt Sour Sally di Surabaya. Variabel yang paling berpengaruh terhadap Purchase Intention yaitu Value Equity hasil uji regresi berganda sebesar 0,338 serta uji signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Temuan empiris tersebut menunjukan bahwa untuk meningkatkan Purchase Intention, perlu di perhatikan faktor Value Equity, Relationship Equity dan Brand Equity untuk dapat meningkatkan minat beli konsumen Sour Sally di Surabaya. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi peneliti mendatang juga diuraikan pada bagian akhir penelitian ini.