Analisis Pengaruh Variabel Service Quality Attributes, Accessibility, dan Well-Being in Club Terhadap Customer Loyalty di Celebrity Fitness Di Surabaya
Abstract
Sebagian masyarakat Indonesia, utamanya di kota besar, makin sadar hidup sehat dengan tubuh bugar
dan aktif bergerak. Berolahraga di pusat kebugaran menjadi salah satu pilihan cara menjalani hidup sehat tersebut.
Berbadan ideal memang masih menjadi tujuan awal namun tubuh sehat aktif bergerak menjadi target
utama."Kesadaran masyarakat untuk bergaya hidup sehat mulai bertumbuh di Indonesia. Berbadan bagus tapi juga
harus sehat. Lifestyle bergeser, kebutuhan hidup sehat semakin baik," kata Dina Carol,Pergeseran gaya hidup
menjadi lebih bugar dan sehat ini tampak dari bertumbuhnya pusat kebugaran di Surabaya dan kota besar lainnya.
Tak hanya itu, keanggotan pusat kebugaran pun bertambah jumlahnya. Anggota gym yang aktif berolahraga pun
semakin banyak.
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh variabel Service Quality Attributes, Accessibility, dan
Well-being in Club terhadap Customer Loyaltydi“Celebrity Fitness”Surabaya.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada laki-laki dan wanita yang tinggal di wilayah kota Surabaya
yang sudah menjadi member ”Celebrity Fitness” selama 6 bulan atau lebih. berusia 18-60 tahun, sejumlah 100
responden. Untuk pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan SPSS sebagai
software untuk mengolah data. Hasil analisis menunjukkan bahwa Statistical product and service solutions (SPSS)
dengan software 22.0 sebagai software untuk mengolah data.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa hubungan Well-being in ClubterhadapCustomer
Loyaltymemiliki koefisien regresi paling tinggi dengan nilai sebesar 0.504, hubungan antara Accessibilityterhadap
Customer Loyaltymemiliki koefisien regresi paling tinggi kedua dengan nilai sebesar 0.268, hubungan antara Service
quality attributesterhadap Customer Loyaltymemiliki koefisien regresi paling rendah dengan nilai sebesar 0.167.