ANALISIS PENGARUH EVENT AUTHENTICITY, EVENT QUALITY, EVENT VALUE DAN EVENT SATISFACTION TERHADAP TRUST YANG MEMBENTUK LOYALTY DARI PARTNER PENYELENGGARAAN EVENT YANG DIKELOLA OLEH PT. DBL INDONESIA
Abstract
Pada era ini, Industri berbagai bidang di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.
Ini artinya persaingan dalam berbagai lini industri sangat kompetitif karena pemain baru
di setiap jenis industri juga terus bermunculan mengingat jumlah penduduk Indonesia
yang begitu banyak dan merupakan pasar yang potensial bagi berbagai lini industri.
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan,
salah satunya dengan membuat event atau sebagai event sponsorship yang sesuai dengan
target pasar. Merencanakan sebuah event juga perlu dilakukan dengan pendekatan
komunikasi yang efektif agar dapat menjaring masyarakat agar tertarik dengan event
tesebut. Dalam kesempatan kali ini akan dilakukan pembahasan yang lebih detail
mengenai publisitas melalui penyelenggaraan event sebagai promosi yang dipilih untuk
dilakukan oleh perusahaan. Dalam era pemasaraan saat ini, promosi melalui
penyelenggaraan event dirasa akan lebih lebih mengena ke konsumen atau calon
konsumen karena dilakukan secara soft. Event biasanya ditujukan ke anak muda yang
notabenya adalah sasaran utama dari sebagian besar brand karena bisa jadi merupakan
first user
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh variabel Event Authenticity,
Event Quality, Event Value dan Event Satisfaction terhadap Trust yang membentuk
Loyalty partner penyelenggaraan event yang dikelola oleh PT. DBL Indonesia. Sampel
yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada laki-laki dan wanita yang mewakili suatu
brand yang pernah menjadi partner penyelenggaran event yang dikelola oleh PT. DBL
Indonesia minimal selama 2 tahun berturut-turut, berusia 18-60 tahun, sejumlah 54
responden. Untuk pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan SPSS sebagai software untuk mengolah data. Hasil analisis menunjukkan
bahwa Statistical product and service solutions (SPSS) dengan software 22.0 sebagai
softwere untuk mengolah data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Event Authenticity memiliki pengaruh
terhadap Event Quality dengan koefisien regresi 0.440, Event Authenticity memiliki
pengaruh terhadap Event Value dengan koefisien regresi 0.307, Event Quality memiliki
pengaruh terhadap Event Satisfaction dengan koefisien regresi 0.515, Event Value
memiliki pengaruh terhadap Event Satisfaction dengan koefisien regresi 0.325, Event
Value memiliki pengaruh terhadap Trust dengan koefisien regresi 0.333, Event
ii
Satisfaction memiliki pengaruh terhadap Trust dengan koefisien regresi 0.288 dan Trust
memiliki pengaruh terhadap Loyalty dengan koefisien regresi 0.572
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS PENGARUH SOCIAL COST, SOCIAL BENEFITS, ACCESS QUALITY, VENUE QUALITY, EVENT QUALITY TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI SATISFACTION PADA PENGUNJUNG EVENT DJAKARTA WAREHOUSE PROJECT
PRADHANA, KINASA ADI (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Faculty Of Management, 2019-09-05)The development of the creative economy industry in Indonesia is increasing rapidly. Music is something that cannot be separated from human’s life and the music industry in Indonesia can become a promising industry in the ... -
Rancang bangun aplikasi online untuk berita dan kegiatan esports
Artahsasta, Tirza (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Faculty Of Computer Science - Department Of Information System, 2020-08-17)Tema esports tidak asing lagi bagi dunia. Kegiatan bermain game yang awalnya hanya hiburan telah berkembang menjadi kompetisi hingga menjadi karir. Indonesia pun tidak tertinggal dan dapat bersaing dengan pemain dari seluruh ... -
PENGUJIAN EFISIENSI PASAR BENTUK SETENGAH KUAT SECARA INFORMASI TERHADAP PENGUMUMAN DIVIDEN di BURSA EFEK INDONESIA
NGONGOLOY, BRIAN SANDY (Universitas Pelita Harapan Surabaya - Department Of Business School - Master Of Management, 2012-06-01)Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pasar bentuk setengah kuat secara informasi. Penelitian ini dilakukan antara April 2011 sampai November 2011. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 155 emitten. ...