dc.description.abstract | Pada era ini, Industri berbagai bidang di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.
Ini artinya persaingan dalam berbagai lini industri sangat kompetitif karena pemain baru
di setiap jenis industri juga terus bermunculan mengingat jumlah penduduk Indonesia
yang begitu banyak dan merupakan pasar yang potensial bagi berbagai lini industri.
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan,
salah satunya dengan membuat event atau sebagai event sponsorship yang sesuai dengan
target pasar. Merencanakan sebuah event juga perlu dilakukan dengan pendekatan
komunikasi yang efektif agar dapat menjaring masyarakat agar tertarik dengan event
tesebut. Dalam kesempatan kali ini akan dilakukan pembahasan yang lebih detail
mengenai publisitas melalui penyelenggaraan event sebagai promosi yang dipilih untuk
dilakukan oleh perusahaan. Dalam era pemasaraan saat ini, promosi melalui
penyelenggaraan event dirasa akan lebih lebih mengena ke konsumen atau calon
konsumen karena dilakukan secara soft. Event biasanya ditujukan ke anak muda yang
notabenya adalah sasaran utama dari sebagian besar brand karena bisa jadi merupakan
first user
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh variabel Event Authenticity,
Event Quality, Event Value dan Event Satisfaction terhadap Trust yang membentuk
Loyalty partner penyelenggaraan event yang dikelola oleh PT. DBL Indonesia. Sampel
yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada laki-laki dan wanita yang mewakili suatu
brand yang pernah menjadi partner penyelenggaran event yang dikelola oleh PT. DBL
Indonesia minimal selama 2 tahun berturut-turut, berusia 18-60 tahun, sejumlah 54
responden. Untuk pengolahan dan penganalisaan data dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan SPSS sebagai software untuk mengolah data. Hasil analisis menunjukkan
bahwa Statistical product and service solutions (SPSS) dengan software 22.0 sebagai
softwere untuk mengolah data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Event Authenticity memiliki pengaruh
terhadap Event Quality dengan koefisien regresi 0.440, Event Authenticity memiliki
pengaruh terhadap Event Value dengan koefisien regresi 0.307, Event Quality memiliki
pengaruh terhadap Event Satisfaction dengan koefisien regresi 0.515, Event Value
memiliki pengaruh terhadap Event Satisfaction dengan koefisien regresi 0.325, Event
Value memiliki pengaruh terhadap Trust dengan koefisien regresi 0.333, Event
ii
Satisfaction memiliki pengaruh terhadap Trust dengan koefisien regresi 0.288 dan Trust
memiliki pengaruh terhadap Loyalty dengan koefisien regresi 0.572 | en_US |